Viking Pekalongan, Canting Biru Kota Batik

Viking Pekalongan, Canting Biru Kota Batik Viking Pekalongan (Istimewa)

Dari Kota Batik, sekelompok suporter Persib tumbuh besar meski namanya belum diresmikan. Karena loyalitasnya kepada Persib sudah tak perlu diragukan lagi nama Viking Pekalongan dikukuhkan oleh Viking Persib Club pada tanggal 4 Agustus 2012 lalu.

Sebelum dikukuhkan, Viking Pekalogan sudah sering melaksanakan berbagai kegiatan. Terlebih acara kopdar juga sering dilaksanakan sebelum namanya diresmikan.


"Berdiri 4 agustus 2012, sebenarnya kita memang sudah ada kumpulan sebelumnya tgl & tahun tersebut. Hanya memang kita mengsahkan pada tanggal 4 agustus 2012," ujar Hendra.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Nama Viking Pekalongan sendiri semakin harum ketika dikukuhkan oleh VPC. Hendra Lukmana sebagai perwakilan Viking Pekalongan mengatakan kegiatan silaturahmi juga sering dilakukan untuk memperkenalkan komunitas tersebut.

"Dulu memang kita belum seperti sekarang, hanya sekedar kumpul dll. Dan pendiri (Dany) menyerahkan ke pengurusan Distrik ke (Julyan/Bule) sepenuhnya untuk lebih serius dengan peresmian ke VPC silahturahami ke Distrik Se-Jateng DIY dan alhamdulilah sampai sekarang kita masih berdiri," tutur Hendra.

Komunitas yang memilikin kantor sekertariat di Jl. Sulawesi, Gang 8 No.3 Kota Pekalongan tersebut memiliki beberapa agenda di setiap bulannya. Selain kopdar dan nonton bersama laga Persib Bandung, beberapa kegiatan atas dasar kemanusiaan juga sering dilakukan. Termasuk Viking Pekalongan sering kumpul di sekitar Angkringan Kompleks Stadion Hoegeng Pekalongan.

"Paling ngadain nonton bareng sama kopdar sih yaa juga suka ngadain penggalangan dana buat bantu sodara kita yang membutuhkan," kata Hendra.

Selain itu beberapa laga away juga masuk menjadi agenda dari komunitas yang setiap tahunnya mengadakan pemutihan. Ditambah lagi Hendra mengatakan Viking Pekalongan tak lupa bersilaturahmi dengan Viking yang berada di sekitar Jawa Tengan dan Yogyakarta.

"Kita juga suka ngadain away/tour jika posisi dan jadwal nya tepat untuk kita, untuk mendukung secara langsung Persib berlaga tentunya. Dan tidak lupa juga bersilaturahmi kepada distrik distrik yg ada di JATENG DIY itu untuk menjaga kekompakan antar distrik di wilayah JATENG DIY," ujar pria berusia 23 tahun tersebut.

Hendra menambahkan Viking Pekalongan memiliki slogam yang sangat erat dengan anggotanya. Slogan tersebut ialah Canting Biru Kota Batik.
"Selogan nya CANTING BIRU KOTA BATIK yang artinya canting itu alat buat membatik ciri khas nya kota Pekalongan yang terkenal akan batik nya, dan biru itu adalah Persib jadi yaa selain mendukung Persib kita juga tidak lupa dengan daerah sendiri," tambah pria asal Ciamis tersebut.

Bagi Bobotoh di sekitar Pekalongan yang ingin bergabung, caranya sangat mudah. Cukup mengisi formulir dan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Caranya cukup mengisi formulir pendaftaran aja sih dan yang penting itu ya loyal kepada Persib dan organisasi dan tidak menjadikan komunitas itu untuk ajang mencari popularitas," imbuhnya.

Komunitas ini juga memiliki kebiasaan saat merayakan kemenangan Persib. Hendra mengatakan menyantap nasi liwer merupakan cara bagi komunitasnya untuk merayakan kemenangan Maung Bandung.

"Ngaliwet biasanya, karena ngaliwet adalah kondjie," tuturnya sambil tertawa. (Afy Ramadhan)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini