UMKM Juara bank bjb Siapkan Wirausaha di Sukabumi Sambut Pemulihan Ekonomi

UMKM Juara bank bjb Siapkan Wirausaha di Sukabumi Sambut Pemulihan Ekonomi Dokumentasi bank bjb

SUKABUMI – bank bjb menggelar sosialisasi UMKM Juara sekaligus memberikan pembekalan terpadu kepada para wirausahawan di Kota Sukabumi agar mereka dapat lebih bersiap menyambut pemulihan ekonomi nasional (PEN) dengan penuh optimisme dan paradigma usaha baru.

Pembekalan ini dilakukan melalui diskusi "Pemulihan Ekonomi Bagi Pelaku UMKM dan Early Warning System" yang diselenggarakan di bank bjb Kantor Cabang (KC) Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis (25/9/2020) sebagai kelanjutan dari pembukaan UMKM Juara yang dihadiri oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Pemimpin bank bjb KC Sukabumi Nurrachman Wijaya belum lama ini.


Kegiatan pembekalan ini dibuka oleh Kepala Bidang Perindustrian Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Yadi Erlangga, dan dihadiri oleh Koordinator UMKM Jawa Barat Juara Kota Sukabumi Puji Rahayu, 6 orang tenaga pendamping, serta 25 pelaku UMKM. Sedangkan materi pembekalan kepada para pelaku UMKM diberikan oleh Praktisi dan Trainer UMKM Eko Pramana Putra.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan pembekalan ini merupakan hal yang penting diberikan kepada para pelaku UMKM agar mereka lebih bersiap menghadapi tantangan usaha di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Kehadiran pandemi COVID-19 yang berdampak luas ke berbagai lini kehidupan memaksa para pelaku usaha untuk cepat beradaptasi jika tak ingin digilas roda perubahan.

"bank bjb menyadari bahwa UMKM merupakan salah satu sektor yang paling rentan terhantam badai krisis, terutama krisis berskala luar biasa seperti yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Di sisi lain, UMKM memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Karena itu, kami berkomitmen untuk terus memberikan dorongan sekuat tenaga dalam berbagai bentuk kepada para pelaku UMKM agar mereka dapat tetap bertahan bahkan mengembangkan usahanya di tengah situasi penuh tantangan," kata Widi.

Seturut dengan tajuk diskusi, para pelaku UMKM diberikan pemahaman tentang program pemulihan ekonomi yang saat ini tengah gencar digaungkan pemerintah di mana UMKM menjadi sektor yang paling diprioritaskan untuk mendapat perhatian. Strategi pemulihan ekonomi dan early warning system yang dapat diterapkan pelaku usaha dijabarkan agar mereka dapat mengubah tantangan menjadi peluang untuk mengembangkan usahanya. 

bank bjb juga mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan fasilitas pembiayaan yang disediakan perbankan guna memperkuat fondasi permodalan usaha, sebagai bekal dalam mengakselerasi pertumbuhan dan peningkatan skala usaha. Sejumlah produk pembiayaan yang ramah bagi para pelaku UMKM disosialisasikan agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

Sejumlah produk Kredit UMKM bank bjb yang mencakup Kredit Mikro Utama, Kredit Usaha Kecil Menengah, Kredit Cinta Rakyat, Kredit Usaha Rakyat, Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra), dan Skema Subsidi Resi Gudang. Berbagai jenis kredit ini direkomendasikan untuk dimanfaatkan para pelaku UMKM sesuai dengan kondisi dan kebutuhan usaha mereka. bank bjb juga melayani konsultasi pembiayaan bagi para pelaku usaha yang hendak menggunakan fasilitas kredit modal usaha agar dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan mereka.

Di luar pembiayaan, bank bjb juga terus berperan aktif mendorong pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM lewat berbagai program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) milik perusahaan. Program bjb PESAT ini mencakup PESAT Wirausaha Baru, PESAT Kapasitas Usaha, serta PESAT Sehat & Produktif, yang seluruhnya berisikan kegiatan pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan usaha.

Pada masa pandemi COVID-19, bank bjb juga mengembangkan program PESAT dengan menghadirkan program turunan seperti SMS Inspirasi, WhatsApp Belajar, Buletin Belajar Pesat, Konsultasi Bisnis, dan Bincang Bisnis Online untuk menciptakan bibit-bibit UMKM unggulan yang siap bersaing di tengah berbagai situasi, tak terkecuali pandemi COVID-19.

Selain itu, secara khusus bank bjb membuat program Penguatan Ekonomi Nasional, Tangguh, dan Sejahtera (PENtas) sebagai kerangka acuan program PEN yang ikut melibatkan bank bjb. Serangkaian program ini didesain secara terpadu agar dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional khususnya bagi para pelaku UMKM.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini