Lama Tinggal di Bandung, Kim Belum Bisa Bahasa Sunda

Lama Tinggal di Bandung, Kim Belum Bisa Bahasa Sunda

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Sudah lebih dari 6 tahun pemain Persib, Kim Jeffrey Kurniawan menetap di Kota Bandung. Namun ia mengaku belum terbiasa menggunakan bahasa Sunda dalam berdialog sehari-hari.


Sebelum gabung Persib, Kim sempat membela Pelita Bandung Raya (PBR) besutan Dejan Antonic pada musim 2013/2014. Kala itu ia menetap di mes PBR di sekitar kawasan Lembang.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Kim mengatakan selama di Bandung jarang diajarkan berbicara menggunakan bahasa Sunda. Berbeda dengan di Persema Malang, pria berdarah Jerman tersebut mengaku cukup sering berbicara menggunakan bahasa Jawa dengan rekan setimnya.

"Belum sih, biasanya juga gak terlalu diajarin, dulu pas tinggal di Jawa banyak ngomong Jawa sama saya sekarang di sini gak terlalu," ucap pemain berusia 30 tahun itu pada sesi jumpa pers virtual, Jumat (21/8/20).

Kendati demikian, Kim cukup mengerti dengan saat rekan setimnya berbicara menggunakan bahasa daerah. Bahkan tak jarang Kim memasukan imbuhna bahasa Sunda di beberapa percakapan karena sudah mulai terbiasa didengar.

"Kalau rekan-rekan ngomong Sunda intinya sudah ngerti mungkin karena perkumpulan pergaulan dan lain lain otomatis ambil beberapa kata dari Sunda," tuntasnya.

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini