Hiatus Sepakbola Indonesia, Wasit FIFA Asal Bandung Ambil Hikmahnya

Hiatus Sepakbola Indonesia, Wasit FIFA Asal Bandung Ambil Hikmahnya

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Wasit asal Bandung, Oki Dwi Putra berusaha mencari hikmah di masa pandemi dan penundaan kompetisi. Meski sempat mengalami kesulitan di sisi ekonomi, Oki tetap berusaha untuk mencari rejeki untuk menghidupi keluarganya.

Menurutnya hikmah dari kondisi tersebut, Oki bisa lebih dekat dengan keluarga dan melihat perkembangan 3 putranya. Ditambah lagi ia juga bisa mengembangkan bisnisnya sebagai pemasok buah-buahan kepada pedagang dan supermarket.


"Tetapi ada hikmahnya selama beberapa bulan saya ada di rumah, saya mulai tahu perkembangan anak dari mulai kecil sehingga tumbuh dewasa ya saya merasakan," ujar wasit berlisensi FIFA itu pada Senin (5/10/20) di ke diamannya di daerah Cisaranten, Kota Bandung.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Selain itu ia juga bisa merasakan sulitnya menjadi istri ketika harus mengurus tiga putranya dan mengurus rumah tangga. Apalagi perbedaan usia dari anak yang satu dan yang lain tak berbeda jauh.

"Ketika saya bertugas sebelum sebelumnya saya tidak tahu, anak nangis masalahnya apa. Sekarang saya tahu ada anak di rumah menangis, lapar, mungkin berantem sama kakak dan adiknya, ya itu lah hikmahnya semakin dekat dengan keluarga, semakin tahu perkembangan anak istri di rumah," tambah pria 36 tahun itu.

Ditambah lagi ia sangat merasakan keluhan istri akibat ulah yang dilakukan ketiga anaknya. Terlebih ia selalu mendapatkan keluhan dari sang istri ketika pulang bertugas memimpin pertandingan di lapangan.

"Saya lihat seorang istri stres dan mengeluh ketika saya pulang ke rumah, pusing beginilah mengurus 3 anak laki laki semua," tuturnya sambil tertawa.

Kendati demikian, Oki menilai perilaku ketiga anaknya masih tergolong wajar. Pasalnya setiap anak akan tumbuh seiring berkembangnya mental dan psikis.

"Wajar lah itu saat saya ada di rumah, ya tetapi itu kan anak kecil karena sedang perkembangan secara mental dan psikologi yang terus berkemvang ya mau tidak mau harus mengikuti maunya anak," tuntas Oki.

(Afy Ramdhan)

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini