Dukung Pengembangan Ekonomi, Pos Indonesia Perluas Kemitraan Agen Pos

Dukung Pengembangan Ekonomi, Pos Indonesia Perluas Kemitraan Agen Pos Dok Pos Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) terus melakukan pengembangan jaringan Agen Pos di seluruh daerah di Indonesia dalam rangka mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat.

VP Market Places and New Business Channel Makky Muhammad Makmur mengatakan Agen Pos adalah solusi bisnis kemitraan Pos Indonesia dengan masyarakat. Pola kerja sama yang ditawarkan adalah kemitraan mandiri atau korporasi. Model ini memberi peluang bagi masyarakat membuka usaha baru.


"Konsepnya adalah mengajak masyarakat berwirausaha dalam rangka pemberdayaan ekonomi. Bermodal tekad kuat, masyarakat bisa berkecimpung di bisnis kurir bersama kami dengan konsep saling menguntungkan," jelas Makky Muhammad Makmur, Selasa 10 November 2020.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Menurutnya, pola kemitraan menjadi Agen Pos mandiri dikhususkan bagi perorangan. Syaratnya memiliki tempat strategis dan perangkat komputer lengkap dengan jaringan internet. Sementara kemitraan Agen Pos konsep Bussiness to Business (B2B) diperuntukkan bagi perusahaan yang telah memiliki jaringan baik cabang atau ritel minimal 100.

"Agen Pos lebih banyak dipusatkan di kawasan bisnis, pusat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kawasan pertokoan, industri dan perumahan," beber dia.

Sejauh ini, kata dia, respons masyarakat bermitra menjadi Agen Pos cukup tinggi. Secara nasional, tercatat ada puluhan ribu mitra yang telah bergabung menjadi Agen Pos. Di Kota Bandung misalnya, jumlah Agen Pos telah mencapai 292 mitra. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah.

Makky menjelaskan, pola kemitraan yang dibangun Agen Pos mengedepankan hubungan saling menguntungkan kedua belah pihak. Pos Indonesia, juga terus melakukan pembinaan kepada Agen Pos untuk tumbuh dan berkembang bersama. Diantara melalui pembinaan manajemen dan wirausaha.

Mulai dari menggelar training kepada para agen. Tujuannya agar ada upgrade knowledge terhadap produk atau selling skill. Pos Indonesia juga membantu mempromosikan para agen baik melalui brosur atau media digital. Sehingga agen pos semakin dikenal masyarakat.

"Manajemen juga melakukan kunjungan on the spot ke agen pos, baik di tingkat kabupaten atau UPT maupun Pusat. Bahkan, Direktur utama juga ikut melakukan kunjungan langsung, seperti yang baru-baru ini di lakukan, ditandai dengan pembubuhan tandatangan pada piagam peresmian,"

"Dirutpos meresmikan beroperasinya agenpos “La Riecha” salah satu agenpos yang beroperasi di kawasan Perumahan Margahayu Kencana. Tak hanya meresmikan, Dirutpos juga melakukan kunjungan ke Agenpos Pajar 2 di daerah Mohammad Toha yang merupakan potret sukses salah satu agenpos Bandung. Itu sering kami lakukan untuk mendorong para Agen Pos," jelasnya.

Sebagai apresiasi, Pos Indonesia beberapa tahun terakhir menggelar reward bagi Agen Pos yang mencapai target penjualan. Tahun lalu, Pos Indonesia memberangkatkan beberapa Agen Pos ke luar negeri melakukan perjalanan wisata. ***

Video

https://www.youtube.com/watch?v=IUn6F5temBk

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini