REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator turnamen Piala Menpora 2021 telah menentukan venue untuk laga semi final dan final Piala Menpora 2021.

PT LIB sudah menunjuk Stadion Manahan, Solo dan Stadion Maguwoharjo untuk menggelar babak semi final dan final piala Menpora 2021.

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno mengatakan, kedua stadion itu sudah sangat siap untuk digunakan di fase semifinal.

BACA JUGA: Meski Memaklumi, Robert Alberts Soroti Hal Ini dari Anak Asuhnya

Adapun jadwal semifinal Piala Menpora digelar dua leg yakni 15-16 April dan 18-19 April mendatang. Sedangkan laga final juga dua leg yaitu 22 dan 25 April 2020.

Khussus untuk Stadion Manahan yang baru selesai direnovasi pada tahun lalu, akan dinaikan kapasitas lampu penerangannya.

Terutama setelah melihat evaluasi saat gelaran penyisihan grup A kemarin dalam tiga laga yang berlangsung pada malam hari.

Baca juga: Ini Dia Venue Laga Semi Final dan Final Piala Menpora 2021

Tidak sedikit penonton yang menyaksikan tayangan di televisi meragukan kualitas pencahayaan lampu Manahan.

“Untuk evaluasi dari babak penyisihan grup kemarin konsentrasinya ada pada kualitas pencahayaan. Sebelumnya daya lampu stadion ada di angka 1.200 lux, dan untuk semifinal maupun finalnya nanti dinaikkan menjadi 2.400 lux,” kata ketua panpel Solo, Paulus Haryoto seperti dikutip dari Timlo.id, Senin 5 April 2021.

Sedangkan Stadion Maguwoharjo Sleman masih menunggu keputusan untuk pendamping tuan rumah laga perempatfinal.

Praktis markas klub PSS Sleman tersebut akan menjadi venue paling sibuk dalam turnamen pramusim bertajuk Piala Menpora.

Baca juga: Ini Beberapa Skenario Rumit Perebutan Tiket Terakhir 8 Besar di Grup C

Sebelumnya Stadion Maguwoharjo menjadi venue untuk babak penyisihan grup C yang berisi Bali United, Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, dan Persita Tangerang.

Ketua panpel lokal Sleman, Tri Mulyanta mengatakan bahwa secara umum pelaksanaan di Stadion Maguwoharjo sudah berjalan dengan baik dan minim kekurangan. Hanya saja tetap ada beberapa catatan sebagai bentuk evaluasi.

Untuk evaluasi selama gelaran babak penyisihan grup, ada sejumlah hal yang perlu dibenahi. Terutama menyangkut kualitas rumput lapangan stadion yang sering dipakai bertanding. Saat fase penyisihan grup, setidaknya sudah ada enam pertandingan yang digelar.

Baca juga: PT LIB Akui Ada Pemain Yang Positif Covid-19 Sebelum Piala Menpora 2021 Digelar

“Sebenarnya tidak begitu banyak evaluasi. Karena berjalan aman lancar, yang datang ke stadion juga tidak mencapai 299 orang sesuai batasan dalam regulasi pertandingan. Jalannya protokol kesehatan juga tidak ada masalah,” jelasnya.

“Infrastruktur khususnya di ruang ganti cadangan perlu ditambah pendingin ruangan seperti ruang ganti utama. Begitu juga lapangan dan rumput yang perlu pemulihan oleh pengelola stadion setelah dipakai di penyisihan grup kemarin,” tukas Tri Mulyanta. (Kris Andieka)