REPUBLIK BOBOTOH - Duel Persib Bandung melawan Persija Jakarta memang selalu memunculkan aura persaingan dengan tensi panas, sebelum hingga sesudah pertandingan.

Persib akan bertarung dengan Persija Jakarta pada final Piala Menpora 2021 yang digelar dua leg, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis 23 April 2021 dan leg kedua di Stadion Manahan, Solo, Minggu 25 April 2021.

Melihat statistik kedua tim, Persib memastikan lolos ke partai puncak setelah menang agregat 3-2 usai menang 2-1 pada leg pertama dan bermain imbang 1-1 di leg kedua.

Sementara Macan Kemayoran lolos ke final berkat kemenangan dramatis lewat adu penalti atas PSM Makassar dengan skor 4-3 setelah skor agregat 0-0.

BACA JUGA: Ada yang ‘Aneh’ dalam Laporan Pertandingan Leg Kedua Persib vs PSS

Perjalanan Persib ke final lebih ‘mulus’ dibandingkan Persija meski kenyataannya ada banyak drama menegangkan yang harus dilalui dan dialami Maung Bandung.

Secara statistik dari babak penyisihan, Persib mencatat 4 kali kemenangan dan dua kali imbang dengan mencetak 12 gol dan kebobolan 7 gol.

Sedangkan Persija juga mencatat 4 kali kemenangan, salah satunya diraih lewat adu penalti ketika jumpa PSM di leg kedua semifinal. Kemudian sekali imbang dan sekali kalah.

Persija memiliki tingkat produktivitas 7 gol memasukan dan tiga kali kebobolan.

BACA JUGA: Ini Dia Penjelasan Terkait ‘Keanehan’ dalam Laporan Pertandingan Leg Kedua Persib vs PSS

Terkait statistik itu, Pelatih Persib Robert Alberts percaya diri dengan kemampuan timnya yang terus menunjukkan perkembangan positif.

Terlebih sepanjang turnamen Piala Menpora 2021 ini, Persib belum terkalahkan. Bahkan, kata Robert, Persib mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam waktu yang sangat panjang.

Yakni, sejak kompetisi Liga 1 2020 yang bergulir dalam 3 pertandingan kemudian dihentikan karena pandemi Covid-19, hingga digelarnya Piala Menpora 2021. Maung Bandung memang belum mengalami kekalahan.

"Saya rasa pendekatan permainan kami akan sama seperti di laga lainnya. Seperti yang Ezra katakan, kami adalah tim yang belum terkalahkan di turnamen bahkan sejak 2020, dan mungkin kami satu-satunya klub di dunia yang belum kalah dalam periode yang lama, lebih dari satu tahun." kata Robert dalam sesi konferensi pers secara virtual, Rabu 21 April 2021.

BACA JUGA: Terpopuler: Ada yang ‘Aneh’ dalam Laporan Duel Persib vs PSS hingga Farshad Terhindar dari Sanksi

Pelatih asal Belanda itu juga memastikan kondisi para pemainnya saat ini sangat enjoy menjelang digelarnya final leg pertama melawan Persija nanti.

"Pemain-pemain kami menikmati permainan menyerang, tapi juga enjoy ketika bertahan. Sepakbola adalah bagaimana mencetak gol lebih banyak dari tim lawan," ujarnya.

Karena dalam pertandingan, kata Robert, tim yang lebih banyak mencetak gol dipastikan akan menjadi pemenangnya.

"Jika kamu memang 2-1 kamu menang, jika menang 3-2 juga menang, yang paling penting adalah memenangkan pertandingan dan kami akan berusaha melanjutkan apa yang kami lakukan di turnamen ini," tekadnya. (Raffy Faraz Ramadhan)

Tonton video seru ini

https://www.youtube.com/watch?v=QCS-FoccN7U&t=2567s