REPUBLIK BOBOTOH - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk menggunakan wasit berlisensi FIFA di laga final Piala Menpora 2021 yang mempertemukan Persib Bandung dengan Persija Jakarta.

Persib dan Persija bertarung di final Piala Menpora yang digelar dua kali. Leg pertama, Kamis 22 April 2021 dan leg kedua pada Minggu, 25 April 2021.

Bahkan, seperti dikatakan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan selain di laga final, wasit lisensi FIFA juga akan diterjunkan di pertandingan perebutan tempat ketiga antara PSM Makssar melawan PS Sleman (PSS).

BACA JUGA: Demi Trofi Piala Menpora, Ezra Walian Rela Kehilangan Sepatu Emas

"Iya pasti itu yang turun lisensi FIFA, di dua leg final bahkan di tempat ketiga juga kita turunkan wasit yang FIFA," ujar Iriawan dalam jumpa pers di Media Center Kemenpora dikutip dari laman Bolasports.com, Rabu (21/4/2021).

Saat ini, kata Iriawan, Indonesia memiliki lima orang wasit berlisensi FIFA. Namun Iriawan tak mengungkapkan siapa saja di antara mereka yang disiapkan atau ditunjuk memimpin laga final leg pertama maupun leg kedua.

Iriawan hanya menjelaskan, saat ini Indonesia masih kekukaran wasit berlisensi FIFA dan tengah mempertimbangkan penggunaan VAR dalam kompetisi domestik.

"Kita baru punya lima wasit (berlisensi FIFA) rencana kami akan sekolahkan, pak Menpora nanti akan dukung biar VAR bisa diterapkan di kita. Kita masih punya lima kurang tujuh. Kan harus 12 wasit minimal," ucapnya.

Padahal lazimnya perangkat pertandingan diumumkan ke publik sehari, bahkan beberapa hari pertandingan. Itu juga yang sering dilakukan oleh FIFA dan konfederasi sepak bola di tiap benua maupun federasi sepak bola di banyak negara. (RB)

https://www.youtube.com/watch?v=QCS-FoccN7U