REPUBLIK BOBOTOH - PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus mematangkan persiapan rencana uji coba Liga 1 2021 dihadiri penonton.

Stadion Manahan Solo dipilih oleh operator liga sebagai venue penyelenggaraan pertandingan yang rencananya digelar pada Desember 2021 mendatang.

"Kalau memang diterapkan pada seri ketiga, maka yang digunakan adalah stadion Manahan karena itu satu-satunya stadion di kawasan itu yang menggunakan penomoran kursi," kata Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita dikutip dari Antara.

Sebelum dipresentasikan kepada pemerintah untuk keputusan akhir, LIB saat ini masih terus mengkaji risiko-risiko apa saja yang akan dihadapi apabila pertandingan digelar dengan penonton. Termasuk laga yang dipilih untuk dapat dihadiri oleh penonton.

"Kami akan rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait," ungkap pria asal Jawa Barat tersebut.

Pada prakteknya, akan ada 100 hingga 200 orang undangan yang hadir dalam pertandingan.

Mereka terdiri dari berbagai elemen seperti pemerintah, sponsor, perwakilan asosiasi provinsi/kabupaten/kota PSSI, dan tentunya suporter.

Akhmad menjelaskan, mereka yang diundang tidak hanya sekedar menyaksikan jalannya pertandingan, tapi diberikan misi untuk kampanye menyaksikan laga di tengah pandemi.

"Para undangan itu bukan sekedar menyaksikan pertandingan, tetapi juga menyosialisasikan soal alur tiket, tempat duduk, dan skenario lain."

"Jadi kami inin mereka menjadi agen dalam kampanye soal ini," kata Akhmad Hadian Lukita.**