RBCOM - Persib Bandung akan menyambangi markas Zhejiang FC dalam laga matchday 2 AFC Champions League (ACL) Two musim 2024-2025.

Duel Zhejiang FC vs Persib menandai pertemuan kembali klub China dengan Indonesia di kompetisi antarklub Asia sejak terkahir kali terjadi di AFC Champions League musim 2011.

Arema FC jadi klub terakhir sebelum Persib yang jumpa klub China, tepatnya pada fase grup Liga Champions musim 2011.

Kala itu, Arema dua kali menghadapi Shandong Luneng dengan hasil imbang 1-1 di kandang sendiri dan kalah 5-0 saat tandang ke China.

Baca Juga : Prediksi Susunan Pemain Zhejiang FC vs Persib Bandung di Matchday 2 ACL Two 2024-2025

Tercatat sudah 16 kali wakil Indonesia menghadapi tim asal China, 15 pertandingan di antaranya di ajang Liga Champions Asia.

Dengan hasil, empat kali wakil Indonesia bisa mengalahkan tim asal China, dua kali imbang dan 10 berakhir dengan kekalahan.

Empat kemenangan yang diraih tim Indonesia atas wakil China di kompetisi Asia masing-masing diraih Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) atau Dalian Shide di ajang Piala Winners Asia 1990-1991.

KTB saat itu menang WO karena duel melawan Dalian Shide beberapa kali gagal digelar, sehingga AFC memberikan kemenangan 'gratis' kepada tim yang sempat merajai kompetisi sepak bola Indonesia di era Galatama itu.

Baca Juga : Salah Satunya Persib, Ini Daftar Tim tak Terkalahkan hingga Pekan 7 Liga 1 2024-2025

Kemudian kedua dicatat Persik Kediri atas Shanghai Shenhua dengan skor 1-0 pada fase grup Liga Champions Asia 2007.

Lalu, Sriwijaya FC pun pernah menumbang wakil China di ajang Liga Champions Asia 2009 pada fase grup dengan skor 4-2.

Tim Indonesia terakhir yang pernah mengalahkan klub China adalah Persipura Jayapura pada fase grup Liga Champions Asia 2010 yang mengandaskan Changchun Yatai dengan skor 2-0.***