Kendaraan Listrik Sergap Senyap Itenas Bandung Meriahkan Peringatan Hari Listrik Nasional

Kendaraan Listrik Sergap Senyap Itenas Bandung Meriahkan Peringatan Hari Listrik Nasional Kendaraan Listrik Sergap Senyap Itenas Bandung pada Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. (Humas Itenas)

ITENAS Bandung menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mengirimkan mobil listriknya pada acara Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat pada Senin 2 November 2020, dengan tema “Listrik Masa Depan, untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin”.

Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle merupakan produk pengembangan mobil listrik ke tiga dengan spesifikasi pertahanan militer yang memiliki kapasitas dua penumpang, dan perlengkapan air cannon yang dilengkapi peluru seberat tiga kilogram serta memiliki kekuatan gempur 5000 Newton.


Mobil listrik untuk kebutuhan khusus militer ini diinisiasi pada penelitian yang dilakukan Dosen Program Studi Teknik Mesin Itenas Bandung yaitu Tarsisius Kristyadi, S.T., M.T., Ph.D.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sebelumnya Institut Teknologi Nasional meluncurkan mobil listrik pertamanya yaitu kendaraan jenis cross over yang diluncurkan pada Tahun 2017. Mobil listrik dengan kapasitas 5 penumpang ini diberi nama Evhero Electric Crossover Gen.1, atau lebih dikenal dengan Mobil Listrik Evhero.

Kendaraan Listrik Sergap Senyap Itenas Bandung pada Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. (Humas Itenas)

Kemudian, selama 101 hari di tahun berikutnya yaitu pada Mei hingga Agustus 2018 Itenas Bandung juga merancang mobil listrik kedua yang diberi nama V8 Vadi dan diluncurkan pada September 2018.

"Mobil listrik Evhero adalah hasil perwujudan dari penelitian kolaboratif antar dosen di Itenas Bandung, V8 Vadi adalah hasil kolaborasi antara kampus Itenas Bandung bersama technopreneur Harry Kiss," kata Rektor Itenas Bandung, Prof. Meilinda Nurbanasari, Ph.D.

Mobil listrik V8 Vadi merupakan mobil dengan jenis sportscar yang memiliki kapasitas 2 penumpang dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.

Kendaraan Listrik Sergap Senyap Itenas Bandung pada Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. (Humas Itenas)

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan secara online dan offline.

Kegiatan offline Acara Peringatan Hari Listrik Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat ini dilaksanakan di Lapangan Parkir Timur Gedung Sate Jalan Diponegoro No 22 Bandung dan dihadiri Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dari Itenas Bandung hadir empat orang tim untuk memamerkan Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle, sedangkan secara online dihadiri Rektor Itenas Bandung, Prof. Meilinda Nurbanasari.

Setelah Ridwan Kamil meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, selanjutnya acara ditutup dengan uji kendaraan listrik atau test drive yang dilakukan Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat beserta DPRD Jabar, lalu Kepala Dinas ESDM, PT PLN UID Jawa Barat, PT Hyundai.

Itenas Sergap Senyap Electric Vehicle juga ikut dalam iring-iringan kegiatan test drive tersebut. (Taufik/Humas)

Kendaraan Listrik Sergap Senyap Itenas Bandung pada Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020. (Humas Itenas)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini