Telkom Dukung BTN Beri Bantuan Internet Gratis kepada Pelajar di 30 Desa di Jabar

Telkom Dukung BTN Beri Bantuan Internet Gratis kepada Pelajar di 30 Desa di Jabar

PT Telkom Indonesia mendukung PT Bank Tabungan Negara (BTN) memberikan bantuan layanan internet gratis kepada pelajar atau siswa di 30 Desa di Jawa Barat untuk kegiatan belajar daring (online) pada masa pandemi Covid-19 ini.

Bantuan internet gratis tersebut, juga bisa dimanfaatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menjual produknya secara online.


Bantuan tersebut bakal menjadi pilot project untuk diterapkan di seluruh Kantor Wilayah Bank BTN dalam rangka mendukung program percepatan peningkatan ekonomi desa yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengemukakan program ini merupakan wujud komitmen bersama BUMN untuk memastikan seluruh masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh akses internet dalam melaksanakan aktivitasnya, seperti pembelajaran dari rumah, bekerja, aktivitas bisnis, serta kegiatan lainnya saat pandemi Covid-19.

"Kami berharap, program ini juga dapat meringankan beban Pemerintah yang kini juga berjuang keras dalam penanganan Covid-19 dan melakukan upaya percepatan ekonomi nasional,” katanya dalam siaran pers yang diterima, Sabtu 14 November 2020.

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BTN Ari Kurniaman mengatakan di masa pandemi ini, mayoritas aktivitas keluarga dilakukan dari rumah dan membutuhkan jaringan internet. Bank BTN sebagai sahabat keluarga Indonesia lanjutnya, peduli pada kebutuhan tersebut dan merancang penyediaan internet gratis untuk 30 desa di Jawa Barat.

“Kami berharap layanan internet gratis ini dapat dimanfaatkan dan mendukung proses belajar mengajar hingga kegiatan ekonomi lain yang meningkatkan produktivitas dan ekonomi masyarakat desa,” jelas Ari..

Ari menjelaskan beberapa desa seperti Desa Rancaekek Weta, Desa Ciporeat, Desa Padalarang, dan Desa Jingkang Tanjung Medan bahkan telah menikmati layanan internet gratis sejak akhir Oktober lalu.

“Kami akan menjadikan proyek di Jawa Barat ini sebagai pilot project untuk dilakukan di seluruh kantor wilayah Bank BTN. Rangkaian kegiatan ini kami rancang untuk mendukung program reformasi desa milik pemerintah,” tutur Ari.

Penyediaan internet gratis tersebut, ungkap Ari, juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, dampak ekonomi yang disebabkan pandemi membuat semakin banyak warga perkotaan yang kembali ke desa.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga berharap kegiatan pemberian internet gratis ini tidak hanya dilakukan di Jawa Barat tetapi juga daerah lainnya. Pasalnya dalam kondisi pandemi saat ini internet menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat termasuk pelajar.

"Pak Menteri BUMN sangat mengapresiasi langkah BTN dan Telkom yang membantu siswa belajar online dengan memberikan internet gratis. Tetapi jangan hanya di Jawa Barat, daerah lainnya juga harus diberikan bantuan," tegas Arya.

Menurut Arya, bantuan internet gratis ini tidak hanya bisa digunakan bagi siswa tetapi dapat dimanfaatkan bagi UMKM yang ada di desa. Dengan memanfaatkan internet ini diharapkan para UMKM bisa melakukan penjualan secara online.

"Kalau jualan UMKM dibeli artinya konsumsi masyarakat akan meningkat. Nah konsumsi masyarakat ini yang bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya. ***

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini