Tak Perlu Repot, Warga Bandung Kini Bisa Urus KTP dan SIM Lewat GoSend

Tak Perlu Repot, Warga Bandung Kini Bisa Urus KTP dan SIM Lewat GoSend

REPUBLIKBOBOTOH - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung menjalin kerja sama dengan Gojek.

Warga Bandung kini tidak perlu repot mengurus dokumen yang terkait dengan kependudukan, pencatatan sipil, dan Surat Izin Mengemudi (SIM), karena sekarang dapat memanfaatkan layanan pengiriman barang on-demand GoSend untuk mengantar serta menjemput dokumen yang dibutuhkan.

Dengan kerja sama ini warga diharapkantak perlu mengantre di Disdukcapil serta Polresta Bandung sehingga kerja sama strategis ini dapat mengurangi kerumunan, kontak langsung, dan mobilitas warga di tengah masa pandemi.

District Head Bandung Gojek Cut Emyra Fadhila mengatakan hadirnya kolaborasi antara Gojek dengan Disdukcapil serta Polresta Bandung ini merupakan salah satu contoh bagaimana teknologi bisa menjadi solusi bagi warga Bandung untuk mengatasi kebutuhan pengurusan dokumen dengan layanan antarjemput GoSend.

"Selain itu, kolaborasi ini tentu bisa mengurai antrean serta mempersingkat waktu tunggu di lokasi sehingga bisa membantu upaya menekan penyebaran virus COVID-19,” katanya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Warga yang ingin mengurus e-KTP atau Kartu Identitas Anak (KIA) cukup mendaftar lewat aplikasi Salaman (Selesai Dalam Genggaman) Disdukcapil kota Bandung.

Setelah mengisi persyaratan di aplikasi tersebut, warga akan mendapatkan notifikasi serta konfirmasi dari pihak Disdukcapil via SMS.

Warga kemudian tinggal memesan layanan GoSend untuk mengambil dokumen oleh mitra Gojek langsung dari rumah. Untuk menambah kemudahan bagi para pengguna, GoSend juga menyediakan pilihan gerai Dinas Dukcapil terdekat dari lokasi pemesan.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung Tatang Muhtar menyatakan apresiasinya. Menurutnya, kolaborasi dengan Gojek merupakan salah satu pelengkap dari program Salaman (Selesai Dalam Genggaman) yang kami luncurkan.

Dia mengatakan hadirnya program ini adalah untuk memberikan solusi pengurusan KTP dan juga KIA bagi masyarakat tanpa harus keluar dari rumah.

"Cukup mendaftar, menunggu konfirmasi dari Disdukcapil, dan setelah selesai cukup memesan GoSend untuk mengantar KTP atau KIA yang sudah selesai tersebut langsung ke depan rumah masing masing," katanya.

Sementara itu, warga yang telah melakukan pengurusan SIM di kantor Polrestabes kini tidak perlu datang dan mengambil langsung SIM yang baru. Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa proses pengurusan SIM telah selesai via SMS yang dikirimkan oleh pihak Polrestabes Bandung, warga cukup memesan layanan GoSend untuk mengambil SIM tersebut.

Untuk memastikan keamanan, kerahasian, dan ketepatan dokumen, pihak Dinas Dukcapil Bandung dan Polrestabes Bandung telah menyediakan jalur khusus drive thru untuk mitra GoSend. Pada jalur tersebut, petugas DukCapil akan mencatat nomor registrasi dan informasi mitra GoSend serta mencocokan nomor dokumen dan nomor order pengiriman.

Memastikan penerapan pembatasan jarak fisik, GoSend memiliki ojek juga menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver untuk opsi contactless delivery, selain itu konsumen dapat melakukan pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Sirojul Muttaqien

Piksi

Berita Terkini