Pemain Asing Baru Diragukan Bisa Tampil di Piala Wali Kota Solo, Robert Ungkap Penyebabnya

Pemain Asing Baru Diragukan Bisa Tampil di Piala Wali Kota Solo, Robert Ungkap Penyebabnya Pelatih Persib Robert Alberts. (Kris Andieka)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, belum mendapatkan informasi lanjutan terkait regulasi yang akan diterapkan di Piala Wali Kota Solo.

Termasuk regulasi pemain asing di laga final, Robert juga menjelaskan timnya sudah menyampaikan masukan kepada pihak panitia.

"Hari ini (Rabu, 16 Juni), akan ada pertemuan untuk menentukan regulasi Piala Wali Kota Solo berdasarkan informasi yang saya terima," kata pria berusia 66 tahun itu pada Rabu, 16 Juni 2021.

Robert menjelaskan, regulasi yang melarang pemain asing di laga final merupakan aturan aneh. Oleh karena itu, Persib memberi masukan agar turnamen ini dikhususkan untuk pemain lokal saja.

"Kami sudah mengajukan masukan, jika mereka melarang pemain asing bermain di final yang maka itu adalah hal aneh, maka kami mengajukan saran turnamen digelar hanya untuk pemain lokal Indonesia saja," kata pria jebolan Akademi Ajax Amsterdam itu.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Kendati demikian, Robert juga belum bisa memastikan status beberapa pemain naturalisasi seperti Ezra Walian, Victor Igbonefo, dan Esteban Vizcarra.

Ia khawatir dengan masukan tersebut memberi dampak bagi pemain yang sudah mendapat naturalisasi.

"Tapi saya belum tahu pemain naturalisasi itu masuk dalam kategori itu (pemain lokal) atau tidak," ujar pelatih asal Belanda itu.

"Jika kamu melihat Ezra sebagai contoh, dia adalah pemain yang memiliki paspor Indonesia, tapi apakah dia dianggap benar-benar pemain Indonesia berdasarkan aturan maupun regulasi. Jadi ini pertanyaan menarik," tambah Robert.

Selain itu, apabila turnamen tidak bisa menggunakan pemain asing, Robert menilai kredibilitas turnamen akan hilang.

Pasalnya setiap tim tidak akan dalam kondisi terbaiknya, mengingat peran pemain asing yang sangat vital.

"Saya rasa turnamen itu jika tanpa pemain asing akan kehilangan kredibilitasnya karena tidak bisa menghentikan tim untuk datang dengan perasaan terbaik, karena tidak bisa memasang pemain terbaiknya," bebernya.

Termasuk pemain asing Asia yang dijadwalkan akan datang di Piala Wali Kota Solo, pria yang sering menggunakan topi itu belum bisa memastikan.

Pasalnya, akan menjadi hal mubazir apabila pemain baru datang dan tidak bisa bermain di turnamen pramusim.

"Seperti yang saya katakan, ada banyak hal yang tidak terprediksi terjadi sekarang. Jadi jika nanti pemain Asia akan datang ke Indonesia, kami harus menunggunya karena tidak ada gunanya membawa dia ke Solo jika tidak bisa bermain di final,"

"Maaf untuk mengatakan ini, tapi tidak ada gunanya membawa pemain asing jika tidak bisa bermain di turnamen," tuntasnya.(Raffy Faraz)

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini