9 Pemain yang Hengkang dari Persib, di Mana Mereka Sekarang?

9 Pemain yang Hengkang dari Persib, di Mana Mereka Sekarang? Omid Nazari merayakan gol yang dicetak rekannya ke gawang Beijing Guoan di fase grup Liga Champions Asia 2021. (AFC)

REPUBLIK BOBOTOH - Persib Bandung sudah melepas 8 pemain karena menolak tawaran perpanjangan kontrak dan dicoret plus 1 pemain yang dipinjamkan jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2021.

Berikut adalah daftar pemain yang dilepas Persib hingga Juli 2021:

1. Omid Nazari

Gelandang kelahiran Swedia yang memiliki paspor Iran dan Filipina itu menjadi pemain andalan di lini tengah Persib. Tidak heran jika pelatih Robert Alberts ngotot mempertahankannya.

Tapi Omid memutuskan lain, dia memilih menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan dan kembali ke Filipina untuk gabung dengan klub yang sebelumnya dia bela sebelum gabung Persib, Ceres Negros yang kini bernama United City FC.

2. Zulham Zamrun

Zulham Zamrun pernah jadi idola bobotoh ketika ikut terlibat dalam kesuksesan Persib meraih gelar juara Piala Presiden 2015. Tapi periode kedua Zulham bersama Persib yang dimulai pada awal Februari 2020 jelang bergulirnya Liga 1 musim 2020 tidak berjalan mulus.

Persib mengumumkan resmi melepas Zulham pada Februari 2021 dan dia sempat kembali ke PSM Makassar untuk bermain di turnamen Piala Menpora 2021. Setelahnya Zulham dilepas Juku Eja dan pada pertengahan Juni 2021, pemain berusia 33 tahun itu resmi gabung klub Liga 2, AHHA PS Pati.

3. Ghozali Siregar

Ghozali Siregar memilih berpisah dengan Persib setelah menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan Maung Bandung. Pemain berusia 28 tahun itu kini gabung dengan klub Liga 2, PSMS Medan.

4. Kim Jeffrey Kurniawan

Pemain naturalisasi kelahiran Jerman ini memilih pergi dari Persib. Seperti Omid dan Ghozali, Kim Jeffrey juga menolak tawaran perpanjangan kontrak. Dia memilih 'bereuni' dengan Dejan Antonic, pelatih yang membawanya gabung ke Persib pada tahun 2016.

5. Beni Oktovianto

Beni Oktovianto sebenarnya dikabarkan tetap masuk skema pelatih Robert Alberts. Tapi striker muda berusia 22 tahu itu memilih pergi dan gabung dengan Barito Putera.


6. Fabiano Beltrame

Faktor usia jadi alasan Persib melepas bek naturalisasi kelahiran Brasil, Fabiano Beltrame meski nyatanya sang pemain bisa membuktikan tetap bisa bermain solid di usianya yang sudah kepala empat saat membela PSS Sleman di Piala Menpora 2021.

Tapi Fabiano kemudian memutuskan pergi dari PSS Sleman dan saat ini bergabung dengan klub Liga 2, Persis Solo.

7. Farshad Noor

Rekam jejak karier Farshad Noor memang cukup oke, tapi kualitasnya di atas lapangan jauh dari harapan. Meski menyandang status sebagai 'lulusan' klub papan atas Liga Belanda, PSV Eindhoven, tapi Farshad Noor terlihat kedodoran selama membela Persib di Piala Menpora 2021.

Setelah turnamen itu, Farshad Noor dilepas karena tak cukup berkualitas untuk menggantikan peran Omid Nazari. Kini Farshad Noor gabung dengan klub Bahrain, Al Hala SC.

8. Ferdinand Sinaga

Meski usianya sudah tidak muda lagi, tapi karakter sebagai striker 'bandel' dinilai membuat Ferdinand Sinaga dibutuhkan Persib. Ferdinand di awal turnamen Piala Menpora 2021 beberapa kali jadi pemain starter, sebelum kembalinya Wander Luiz.

Saat diumumkan sebagai pemain anyar Persib, Ferdinand disebut dikontrak selama 2 tahun. Tapi saat kontraknya baru berjalan sekira 4 bulan, Ferdinand memilih mengakhiri kerja sama dengan Persib dan saat ini gabung dengan Persis Solo.

9. Dhika Bhayangkara

Selain 8 pemain yang memilih hengkang dan dicoret, ada satu pemain lain yang dilepas Persib. Dia adalah Dhika Bhayangkara (kiper). Tapi tak seperti kedelapan pemain di atas, Dhika dilepas Persib dengan status dipinjamkan ke Persita Tangerang.

Dhika dipinjamkan Persib karena melimpahnya stok pemain di posisi penjaga gawang. Bahkan, barisan kiper Persib bisa dibilang memiliki kualitas hampir merata atau sama-sama layak jadi starter. Di antaranya Teja Paku Alam, Deden Natshir, I Made Wirawan dan kiper muda timnas Indonesia U-23, M Aqil Saviq.**

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini