FORKI Jabar Ditantang Gelar Event Karate Berskala Internasional

FORKI Jabar Ditantang Gelar Event Karate Berskala Internasional (Raffy Faraz/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Ketua Umum PB FORKI (Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate Indonesia), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto memberikan tantangan kepada kepengurusan FORKI Jawa Barat periode 2023-2027 yang baru dilantik pada Jumat, 13 Oktober 2023 malam.

Ia meminta kepengurusan FORKI Jabar bisa menggelar kejuaraan karate dengan skala internasional, yakni pada 2023 atau awal 2024 mendatang.

Hadi yakin kepengurusan FORKI Jawa Barat periode ini dapat menjalankan kejuaraan dengan skala lebih besar. Terlebih kehangatan dan kekompakan kepengurusan FORKI Jabar kali ini bisa menjadi salah satu modal dalam menyukseskan gelaran yang lebih besar, sekaligus merawat prestasi yang sudah didapat sebelumnya.

"Saya tanya tadi katanya bisa. Karena saya lihat hampir semua perguruan itu ada di Jawa Barat dan kalau kita lihat track record-nya, hampir setiap kegiatan-kegiatan PON itu Jawa Barat selalu bersaing dengan DKI. Saya tantang, mari kita naikan prestasi dari Jawa Barat untuk menaikan prestasi Indonesia untuk dunia," kata Hadi Tjahjanto usai melantik kepengurusan FORKI Jabar periode 2023-2027.

Baca Juga : Cara Erick Thohir Pacu Terlaksananya VAR di Liga 1 Awal 2024


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Hadi Tjahjanto yang juga merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini menambahkan FORKI Jabar juga dipastikan mendapat banyak dukungan dari banyak pihak. Apalagi Provinsi Jawa Barat dikenal dengan wilayah yang sangat mendukung perhelatan olah raga.

"Saya optimis bisa menyelenggarakan event internasional di Jawa Barat. Kalau bisa melakukan itu, kita sudah bisa mengatakan pada dunia, apalagi prestasi kita nanti kita tingkatkan untuk bersaing di dunia dan mendulang emas lebih banyak untuk event-event internasional berikutnya," tegasnya.

Disisi lain, Ketua Umum FORKI Jabar, Gianto Hartono pun menjawab tantangan tersebut. Menurutnya, FORKi Jabar akan berusaha mengemas kejuaraan tersebut dengan baik demi memperlancar jalannya kejuaraan dunia tersebut.

"Mendatangkan kejuaraan dunia itu lebih mudah daripada mendatangkan prestasi-prestasi atlet kita di Indonesia," ujar Gianto.

Baca Juga : Nggak Kepakai Bojan Hodak, Konon Febri Hariyadi Akan Dipinjamkan Persib Bandung, Ini 2 Klub yang Berminat

Wakil Ketua Bidang Pertandingan FORKI Jabar, Darly Siregar mengkonfirmasi saat ini Indonesia berusaha menjadi tuan rumah kejuaraan internasional di 2024. Setidaknya ada dua ajang yang dibidiknya, yaitu Asia Karate Federation (AKF) dan World Karate Federation.

"Dan kebetulan juga di tahun depan untuk ke Bandung juga mudah karena naik kereta api cepat dan itu tidak jadi kendala. Dan di luar negeri tanggapannya juga positif, luar negeri ingin melihat Indonesia yang lain, gak hanya Jakarta, dan Jawa Barat menyambut itu dan sudah kita sampaikan tinggal Kongres di akhir tahun ini ketok palunya apakah kita dapat tuan rumah atau tidak, karena negara lain juga berusaha tentunya, biding," kata Darly Siregar.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar, M Budiana menyambut baik tantangan PB FORKI kepada Kepengurusan FORKI Jabar. Menurutnya, tantangan itu merupakan hal yang positif dan KONI Jabar akan mendukung penuh langkah FORKI Jabar dalam menyukseskan ajang internasional tersebut.

"Tidak hanya FORKI karena cabor-cabor lain kadang-kadang seperti itu. Kalau gak salah catur putri juga ditunjuk sebagai tuan rumah BK itu rangkaian BK, kebetulan saya membuka Percasi Jabar ya di Percasi juga saya merasakan aura dan suasananya positif. Mudah-mudahan lah semua ngurus olah raga ini gak usah tegang-tegang, nikmati, dan ikhlas," kata Budiana.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini