Persib Bakal Jadi Tim Pertama Jajal Teknologi VAR di Championship Series Liga 1

Persib Bakal Jadi Tim Pertama Jajal Teknologi VAR di Championship Series Liga 1 Perwakilan PSSI saat melakukan sosialisasi dan edukasi terkait penerapan VAR kepada skuad Persib. (MO Persib)

REPUBLIKBOBOTOH.COM - Tersisa dua pertandingan lagi, regular series Liga 1 2023/24 rampung digelar. Selanjutnya 4 tim peringkat teratas akan bertarung di babak championship series.

Championship series bisa dibilang merupakan fase terpenting dalam kompetisi. Sebab, fase ini akan menentukan klub mana yang akan menjadi juara sejati BRI Liga 1 2023/24.

Tak hanya itu, championship series juga akan menjadi tonggak sejarah dalam sepak bola Indonesia.

Baca Juga : TERPOPULER: Terungkap Abdul Aziz Tak Dimainkan, Borneo FC Turunkan Pemain Lapis Dua hingga Pieter Huistra Satu Suara dengan Bojan Hodak

Untuk pertama kalinya, video assistant referee (VAR) digunakan pada kompetisi kasta tertinggi di tanah air.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sebelumnya, VAR sempat diuji coba pada laga final EPA Liga 1 U-20 2023/24 antara Persis Solo versus Persita Tangerang.

Sebelum diterapkan di championship series, PT Liga Indonesia Baru terlebih dahulu menjalankan agenda sosialiasi VAR ke klub-klub peserta BRI Liga 1 2023/24.

Diberitakan laman resmi Liga Indonesia Baru, pada Selasa (23/4), Persib Bandung menjadi klub yang berkesempatan mendapat kunjungan sosialisasi.

Selain diikuti oleh staf pelatih dan manajemen, para pemain klub berjuluk Maung Bandung ikut antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung di Graha Persib tersebut.

"VAR rencananya memang akan digunakan mulai pada babak championshop series BRI Liga 1 2023/24. PT LIB menggelar sosialisasi ini supaya seluruh elemen di klub memahami aturan-aturan dalam penerapan VAR," jelas Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

Baca Juga : Ini Lokasi Penukaran Tiket Gelang Persib Vs Borneo FC

Persib dipastikan bakal menjadi salah satu klub pertama yang akan menjajal teknologi VAR karena telah memastikan diri lolos ke championship series.

Adanya agenda sosialisasi VAR ini mendapat sambutan positif dari kubu Maung Bandung.

"Presentasi ini sangat bagus karena terkadang orang salah mengartikan mengenai penggunaan VAR. Kita harus tahu kapan VAR bisa digunakan atau tidak," ujar pelatih Persib, Bojan Hodak.

Setelah Persib, sosialisasi VAR akan diberikan ke Borneo FC Samarinda yang telah lebih dulu lolos. Kemudian menyusul calon peserta championship series lainnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini