LIB Jelaskan Proses Implementasi VAR yang Sukses Diterapkan Pada 4 Laga Semifinal Liga 1

LIB Jelaskan Proses Implementasi VAR yang Sukses Diterapkan Pada 4 Laga Semifinal Liga 1

REPUBLIKBOBOTOH.COM - PT Liga Indonesia Baru melalui laman resminta mengabarkan terkait Teknologi Video Assistant Referee (VAR) yang telah diimplementasikan pada empat pertandingan babak Championship Series Liga 1 2023/2024.

Pertama pada laga leg 1 antara Bali United FC versus Persib Bandung (14/5), lalu Madura United FC kontra Borneo FC Samarinda (15/5), dan di leg 2 antara Persib Bandung vs Bali United FC (18/5) serta Borneo FC Samarinda vs Madura United FC (19/5).

Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Asep Saputra menginformasikan bahwa implementasi VAR pada empat laga tersebut telah berjalan lancar.

“Semua berjalan sesuai dengan yang sudah kami rencanakan. Mulai dari koordinasi dengan FIFA, pengiriman mobil VAR ke empat kota, komunikasi dengan broadcast, proses kalibrasi pada empat jam sebelum kick off, sampai dengan penerapan VAR pada match day,” jelas Asep yang juga sebagai VAR Project Leader, Senin (20/5).

Baca Juga : TERPOPULER: Komentar Pelatih Madura United, H2H Persib Unggul Telak hingga Bojan Minta Bobotoh Birukan SJH


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sealnjutnya kata Asep, VAR akan kembali digunakan pada empat laga berikutnya di perebutan gelar juara dan tempat ketiga.

Final Leg pertama akan berlangsung di stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung pada Minggu, 26 Mei 2024.

Selanjutnya, Final Leg kedua akan digelar di markas Madura United, Stadion Gelora Bangkalan, pada Jumat, 31 Mei 2024.

Sementara itu tim yang kalah di babak semi final akan kembali bertarung untuk memperebutkan peringkat ke-3 Championship Series Liga 1 2023/24.

Bali United akan terlebih dulu menjamu Borneo FC di leg pertama pada 25 Mei 2024, sedangkan leg kedua digelar di markas Borneo FC pada 30 Mei 2024.

Baca Juga : Ini Nazar Marc Klok jika Membawa Persib Juara Liga 1

“Selanjutnya, kami akan melakukan hal yang sama untuk 4 pertandingan sisa berikutnya.” sambung Asep.

Lebih lanjut Asep juga menegaskan bahwa kelancaran implementasi VAR pada babak Championship Series Liga 1 2023/24 tak lepas dari komunikasi intensif dengan FIFA.

Komunikasi intensif tersebut diawali dengan persiapan dan pelatihan yang didampingi langsung oleh FIFA, hingga uji coba teknologi VAR yang dievaluasi oleh FIFA.

Sekadar menginformasikan, persiapan dan pelatihan semua perangkat pertandingan telah dimulai sejak Juli 2023 hingga Maret 2024.

Lebih dari itu, FIFA juga telah menyetujui perangkat yang bertugas pada pertandingan yang menggunakan VAR pada awal Mei 2024.

Baca Juga : Umuh Geram Ada Bobotoh yang Mendoakan Buruk kepada Persib, Siapa yang Dimaksud?

Dalam perkembangannya, pada setiap proses penerapan VAR di babak Champhionship Series Liga 1 2023/24, FIFA selalu memantau dan melakukan evaluasi. Dalam hal ini, setiap detail proses, harus dilaporkan ke FIFA.

“Pada proses itu, FIFA menunjukkan hasil evaluasi hingga mengirimkan ke kami proses persetujuan akhir dalam bentuk approval pada platform FIFA. Persetujuan akhir itulah yang menjadi dasar VAR bisa diterapkan pada babak Championship Series Liga 1 2023/24,” pungkas Asep.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini

Dua Kelebihan PSM di Mata Bojan Hodak