Perkuat Sinergi Sektor Pariwisata, Telkom Jawa Barat Gelar Focus Group Discussion

Perkuat Sinergi Sektor Pariwisata, Telkom Jawa Barat Gelar Focus Group Discussion Telkom Jawa Barat Gelar Focus Group Discussion. (Ist)

RBCOM - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Jawa Barat berkolaborasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut menyelenggarakan Focus Group Discussion untuk dapat mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen dukungan terhadap pertumbuhan pariwisata di wilayah Jawa Barat.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif nilai devisa pariwisata hingga September 2023 tercatat 10,46 miliar dolar AS dengan kontribusi PDB pariwisata diperkirakan mencapai angka 3,8%, nilai tambah ekraf sebesar Rp1.050 triliun, nilai ekspor ekraf sebesar 17,38 miliar dolar AS, dan jumlah pergerakan wisatawan nusantara sebesar 688,78 juta perjalanan hingga Oktober 2023.

Data ini menunjukkan bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peran yang sangat signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Asisten Daerah 3 Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, menyatakan bahwa industri pariwisata merupakan penyumbang terbesar pendapatan asli daerah Kabupaten Garut, dengan peluang perkembangan yang masih besar.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


“Di tahun 2024 ini bahkan sektor pariwisata memberikan kontribusi sebesar 10% bagi Kabupaten Garut,” terang Budi.

Sementara itu menurut Deden Rochim selaku Ketua PHRI Kabupaten Garut, bisnis perhotelan dan restoran menyumbang sekitar 30 miliar rupiah dalam pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Garut.

“Kami secara aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk menarik para wisatawan mengunjungi hotel-hotel dan restoran yang ada di kota ini untuk meningkatkan revenue dan memberikan kontribusi bagi daerah,” ujarnya.

Executive Vice President Telkom Jawa Barat, Saiful Hidajat, menyambut baik hal ini dan mengungkapkan bahwa Telkom Jawa Barat siap menyediakan infrastruktur dan platform digital untuk mendukung kemajuan bisnis hotel dan restoran.

Telkom akan memberikan solusi terkait teknologi seperti konektivitas internet, personalisasi layanan, keamanan, dan efisiensi energi.

“Kami telah menyiapkan ekosistem solusi digital yang akan mendukung sektor pariwisata dari hulu ke hilir, tentunya untuk turut mendukung kemajuan pariwisata serta mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah” papar Saiful.

Dengan adanya kegiatan ini, Telkom Jawa Barat dapat mendengar pengalaman pelanggan di sektor pariwisata dan menggali potensi kontribusi melalui produk Indibiz Ruko yang memiliki berbagai solusi digital terintegrasi.

Telkom berharap melalui kolaborasi ini, dapat senantiasa mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dengan membantu mengoptimalkan kinerja dan efisiensi para pelaku usaha di sektor pariwisata, sehingga menciptakan ekosistem yang lebih kuat dan berdaya saing tinggi.***

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini