REPUBLIKBOBOTOH - Teka-teki nasib kompetisi Liga 1 dan 2 sudah terjawab. Melalui rapat Exco PSSI yang digelarkan hari Rabu 20 Januari 2021 menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya kompetisi Liga 1 dan Liga 2 secara resmi dibatalkan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa keputusan Exco PSSI ini merupakan masukan klub Liga 1 dan 2. Seperti diketahui Owners Meeting klub Liga 1 dan 2 sudah dilakukan pada pekan lalu.

''Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,'' kata Iriawan seperti yang dilansir dari laman resmi federasi.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan klub-klub Liga 1 dan 2 melalui virtual meeting.

''PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi/pejabat terkait,'' imbuhnya.

Berikut hasil rapat Exco PSSI yang digelarkan hari Rabu, 20 Januari 2021:

  1. Kompetisi 2020-2021 dibatalkan karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi covid-19.
  2. Tidak ada juara dan tidak ada degradasi.
  3. Peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020.
  4. Kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub. (Raffy Faraz Ramadhan)

Video

https://www.youtube.com/watch?v=oaUwKuDoUEE&t=662s