REPUBLIKBOBOTOH.COM - Pemain bertahan Persib Bandung, Victor Igbonefo mengakui wajah sepak bola Indonesia menjadi lebih baik dengan pencapaian Timnas Indonesia U-23 di ajang Piala Asia U-23.

Saat ini, ada banyak negara yang sudah memperhitungkan kekuatan sepak bola Indonesia setelah skuad Garuda Muda lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar.

Di balik apiknya pencapaian Timnas Indonesia, Victor menilai permainan skuad Garuda Muda terlihat lebih berkualitas dari sebelumnya. Perubahan itu juga menyentuh banyak aspek penting dalam sepak bola, seperti fisik dan taktik.

Baca Juga : Cerita Bobotoh Disabilitas Nyetadion saat Persib Hadapi Borneo FC di Jalak Harupat

Ditambah lagi keberadaan pemain diaspora juga mampu mengubah permainan Indonesia menjadi lebih agresif. Sehingga, perannya lebih terasa dan itu juga bisa diimbangi para pemain yang bermain di kompetisi domestik.

"Ada perbedaan yang cukup signifikan, dari segi bermain dan juga segi fisik. Tentu pemain-pemain naturalisasi yang gabung, mereka cukup bagus karena mungkin mereka bermain di liga yang lebih bagus jadi bisa dikombinasi buat Timnas menjadi lebih baik," terang pemain naturalisasi asal Nigeria itu.

Termasuk dari segi mental, hasil positif di fase grup membuat Marselino Ferdinan cs menjadi lebih percaya diri saat menghadapi Korea Selatan di babak 8 besar.

Baca Juga : Jadwal Terbaru PSS Sleman vs Persib di Pekan 34 Liga 1: Kick Off, Venue dan Jam Tayang TV

Apalagi Korea Selatan merupakan tim yang sangat diperhitungkan pada ajang ini dan selalu mampu mentas di ajang Olimpiade sejak 1988.

"Jelas, karena kalau melihat beberapa bola ke belakang, kalau ketemu tim seperti Korea, sudah kalah dari awal, tapi mereka mampu kalahkan Korea. Mereka menunjukan kerja yang baik, terutama dari Shin Tae-yong," tutupnya.**