REPUBLIKBOBOTOH.COM - Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos menilai performa Ernando Ari bersama Timnas Indonesia U-23 menjadi bukti nyata akan pesatnya progres kiper di sepakbola Indonesia.

Passos melihat, Ernando sudah melakukan separuh tugasnya untuk menunjukan penjaga gawang yang modern.

Menurutnya, contoh tersebut dibuktikan Ernando dengan kekayaan data dari penendang tim Korea Selatan.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung dan Link Live Streaming Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Passos yakin Ernando sudah dibekali data arah tendangan pada penendang penalti tim lawan, sehingga bisa lebih mudah untuk menebak arah bola.

Mendapatkan data penendang penalti memang sudah dilakukan oleh banyak kiper modern dan pelatih kiper.

Termasuk para kiper Persib, Passos mengaku para pemainnya juga sudah dibekali data arah tendangan pemain lawan di setiap pertandingan.

"Saya pikir pelatih kiper banyak mencari data dari penalti pemain-pemain Korea. Saya rasa hal ini bisa dilakukan karena kini sudah ada internet dan itu dilakukan oleh saya sebagai pelatih kiper." terang Passos.

Sama halnya di laga kontra Borneo FC, Passos juga sudah mengantisipasi potensi terjadinya penalti dengan pembekalan data kepada Teja Paku Alam dan Kevin Mendoza.

Baca Juga : Shin Tae-yong: Saya Akan Membuat Indonesia Pergi ke Olimpiade Paris 2024

Hal itu diharapkan agar dua kiper tersebut bisa memperbesar peluang untuk menebak arah bola yang meluncur ke gawangnya.

"Sebagai contohnya saya banyak melihat banyak penalti dari Borneo dan memberi tahu kepada Kevin dan Teja, jika mendapat penalti di pertandingan, itu memang tidak mudah, tapi setidaknya bisa memperbesar kemungkinan melakukan penyelamatan." tutup Passos.**