REPUBLIKBOBOTOH.COM - Impian Borneo FC Samarinda tampil di laga final Liga 1 musim 2023-2024 kandas setelah dua kali dipermalukan Madura United FC di semifinal.

Setelah kalah 1-0 di markas Madura United pada semifinal leg pertama, Borneo FC kembali tumbang di kandang sendiri dari Laskar Sape Kerrab dengan skor 2-3. Pesut Etam gagal ke final karena kalah agregat 2-4 dari Madura United.

Tumbangnya Borneo FC di tangan Madura United tentu cukup mengejutkan, jika melihat perjalanan mereka sepanjang babak reguler series Liga 1 2023-2024.

Bahkan, Borneo FC sudah jauh hari memastikan lolos ke babak championship series, tepatnya sejak pekan 29 atau ketika babak reguler series masih menyisakan lima pekan pertandingan lagi.

Baca Juga : Umuh Geram Ada Bobotoh yang Mendoakan Buruk kepada Persib, Siapa yang Dimaksud?

Tidak sedikit pihak yang menganggap hal itu justru jadi bumerang untuk Borneo FC karena di lima sisa pertandingan reguler series.

Mereka bisa 'bersantai', sebab tanpa beban wajib menang, sehingga membuat Pesut Etam menjadi kurang kompetitif dan kehilangan momentum.

Faktor lainnya adalah fakta beberapa pemain kunci Borneo FC baru pulih dari cedera sehingga belum kembali ke performa puncak seperti Stefano Lilipaly dan Felipe Cadenazzi.

Yang jelas kegagalan Borneo FC menapak ke final membuat seluruh awak skuad Pesut Etam sangat kecewa. Hal itu diungkapkan pelatih Borneo FC, Pieter Huistra.

"Kami tentu saja sedih dengan hasil ini, pemain juga merasakan hal yang sama," kata Pieter Huistra dikutip dari Viva.co.

Baca Juga : Bobotoh Ciptakan Atmosfer Fantastis di Jalak Harupat, Begini Komentar Kevin Mendoza

"Kami menekan, menciptakan peluang, lalu mencetak gol dan unggul pada babak pertama. Sayang pada babak kedua fisik pemain mulai menurun," sambungnya.

Setelah gagal ke final, Borneo FC masih memiliki tugas melakoni dua pertandingan dalam perebutan tempat ketiga lawan Bali United pada 25 dan 30 Mei 2024.

Pelatih asal Belanda itu, tak menampik secara mental para pemainnya cukup terpukul, namun dia berharap Stefano Lilipaly Cs bisa bangkit dan tetap bersemangat untuk memenangkan duel perebutan tempat ketiga.

"Saya belum tahu kondisi semua pemain tapi secara mental bisa dilihat tapi harus bangkit dan menatap ke depan baik perebutan posisi ke-3 dan musim depan," ujar Pieter Huistra.**