RBCOM - Hasil pertandingan leg kedua final Liga 1 2023-2024 antara Madura United FC vs Persib Bandung, Maung Bandung akhirnya tampil sebagai juara.

Persib memastikan jadi jawara Liga 1 musim 2023-2024 setelah mengalahkan Madura United dengan skor 1-3 (agregat 6-1) dalam pertandingan leg kedua final di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat malam, 31 Mei 2024.

Setelah babak pertama berakhir dengan skor 0-0, Madura United mencoba meningkatkan serangan ke pertahanan Persib selepas jeda pertandingan.

Namun para pemain Persib masih cukup solid dalam membangun pertahanan sehingga membuat para pemain Madura United kesulitan.

Persib sendiri membuka babak kedua dengan peluang yang didapat David da Silva pada menit 47. Meski mendapat ruang tembak cukup terbuka, tetapi tendangan David masih jauh dari sasaran.

Dalam situasi tertekan, Persib sukses memaksimalkan peluang lewat skema serangan balik. Ciro Alves yang lepas dari kawalan melepaskan tendangan mendatar yang bisa ditepis kiper Madura United, Lucas Frigeri.

Baca Juga : Hasil dan Skor Sementara Final Leg Kedua Liga 1 Madura United vs Persib

Bola rebound kemudian dikuasai David da Silva yang berdiri tanpa kawalan dan dengan mudah menceploskan bola karena Lucas Frigeri sudah dalam posisi yang tidak menguntungkan. Skor berubah di menit 60 menjadi 0-1 untuk Persib.

Tertinggal empat gol secara agregat membuat Madura United mencoba tampil lebih ofensif dengan memasukan winger lincah Riyatno Abiyoso dan Slamet Nurcahyo pada menit 60.

Hanya semenit setelah masuk lapangan menggantikan Alexvan Dijn, Riyatno memberikan ancaman lewat tendangan keras yang membuat Kevin Mendoza kerja keras untuk membloknya.

Madura United kembali mendapatkan peluang emas, kali ini melalui Malik Risaldi yang sudah berdiri bebas setelah menerima umpan dari Dalberto. Tetapi dengan cekatan Kevin Mendoza bisa memblok tendangan keras Malik Risaldi dari jarak dekat.

Alih-alih mencetak gol penyeimbang, beban Madura United kian berat setelah gawang mereka kembali kebobolan pada menit 86 oleh Marc Klok.

Baca Juga : Sedang Berlangsung Live Streaming Madura United vs Persib di Final Leg Dua Liga 1

Gol kedua Persib diawali akselerasi Ciro Alves yang mengecoh bek lawan, kemudian menusuk hingga kotak penalti lalu melepaskan umpan ke arah David da Silva yang memilih melepasnya hingga bola jatuh ke kaki Marc Klok.

Dengan posisi yang cukup bebas, Klok dengan jitu menceploskan bola untuk membuat Persib unggul 0-2 dan unggul agregat 5-0.

Persib kian di atas angin setelah Beckham Putra Nugraha mencetak gol ketiga memaksimalkan umpan Ciro Alves. Ciro yang tidak egois memilih memberikan assist kepada Beckham yang berdiri bebas.

Madura United akhirnya bosa memperkecil ketertinggalan lewat eksekusi penalti Slamet Nurcahyo di menit akhir. Penalti diberikan karena Nick Kuipers melakukan handball.

Skor akhir 1-3 untuk Persib bertahan sampai laga usai dan Maung Bandung memastikan diri jadi juara setelah unggul agregat 6-1.**