RBCOM - Liga 1 2024-2025 bakal menambah kuota pemain asing yang awalnya 6 pemain, bertambah menjadi 8 pemain asing.

Rinciannya, setiap tim diwajibkan mendaftarkan satu pemain asing dari Asia sedangkan sisanya bebas memilih dari negara mana pun.

Jika klub mengontrak 8 pemain asing, ketentuan yang bisa menjadi starter adalah 5+1. Pada Daftar Susunan Pemain (DSP), boleh 6+2 dimasukkan.

Baca Juga : TERPOPULER: Alberto Pergi Tinggalkan Indonesia, Gelar Juara Persib Sampai Italia dan Spanyol Komentar Kevin Main di GBK

Akan tetapi starter atau yang berada di lapangan, maksimal 5+1. Itu artinya pemain asing cadangan bisa masuk jika menggantikan pemain asing lain yang diturunkan.

Terkait hal tersebut, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar tak begitu tertarik untuk Persib memaksimalkan kuota 8 pemain asing.

Karena menurutnya, percumah saja karena hanya enam pemain asing yang bisa diturunkan dalam pertandingan.

"Kalau menurut saya sih, percumah kalau mengontrak 8 pemain asing, yang dua kan jadi cadangan, buat apa. Kalau Persib saya kira tetap akan menggunakan 6 pemain asing yang sudah ada saja," kata Umuh kepada REPUBLIKBOBOTOH.COM di kediamannya Desa Tanjungsari, Kanupaten Sumedang, belum lama ini.

Saat ini, Persib memiliki 6 pemain asing yang memiliki peran sangat vital di setiap lini kesebelasan.

Di lini depan ada David da Silva dan Ciro Alves, lalu Stefano Beltrame di gelandang serang, Nick Kuipers dan Alberto Rodriguez di lini pertahanan dan satu penjaga gawang asal asia Kevin Ray Mendoza.

Peran mereka sudah terbukti begitu tangguh, hingga mengantarkan Persib Bandung meraih trofi Juara Liga 1 2023/2024.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung Euro Jerman Malam Ini 16-17 Juni 2024

"Semua pemain asing yang kita (Persib) miliki sudah bagus, buat apa nambah lagi, lebih baik maksimalkan di pemain lokal saja. Tapi nanti kita lihat maunya pelatih Bojan Hodak bagaimana, karena keputusan soal pemain kan ada di tangan pelatih," tuntas Umuh.

Sebelumnya dalam pernyataan Direktur PT LIB, Ferry Paulus, menyebut bahwa klub tidak perlu khawatir dengan kebijakan penambahan pemain asing.

Sebab tidak diwajibkan setiap klub untuk memenuhi kuota pemain asing sesuai regulasi baru yakni 8 pemain asing.***