RBCOM - Peringkat Indonesia pada AFC club competitions ranking terus turun dalam beberapa tahun terakhir, akibat buruknya prestasi wakil Indonesia di kompetisi antarklub Asia.

Saat ini peringkat Indonesia pada AFC club competitions ranking berada di posisi 29 atau turun satu peringkat dibandingkan musim 2023-2024.

Sebelumnya pada AFC club competitions ranking 2023-2024, ranking Indonesia juga turun dua tingkat dari sebelumnya di posisi 26 ke posisi 28.

Baca Juga : Liga 1 Akan Dimulai 9 Agustus 2024, Marc Klok: Biasanya Ditunda

Saat ini secara total, nilai koefisien Indonesia pada AFC club competitions ranking adalah 11.449 poin. Rendahnya nilai koefisien membuat Indonesia tidak memiliki wakil di AFC Champions League Elite.

Indonesia kini hanya mendapatkan jatah di kompetisi antarklub Asia kasta bawah yakni AFC Champions League Two dan AFC Challenge League.

Persib Bandung yang berstatus juara Liga 1 musim 2023-2024 berhak mewakili Indonesia di AFC Champions League Two.

Beruntungnya Persib langsung lolos ke fase grup AFC Champions League Two. atau tanpa harus melakoni laga play-off setelah AFC mencoret wakil Korea Utara akibat tidak memenuhi syarat.

Baca Juga : Bursa Transfer Liga 1: Lagi, Madura United Kehilangan Pemain Penting

Sementara Madura United FC yang merupakan runner up Liga 1 2023-2024 jadi wakil Indonesia di AFC Challenge League.

Persib dan Madura United jadi harapan Indonesia untuk meningkatkan poin koefisien sekaligus menaikan peringkat pada AFC club competitions ranking.

ASEAN sendiri di kompetisi antarklub paling bergengsi AFC Champions League Elite akan diwakili oleh klub asal Thailand (3 tim) dan Malaysia (1 tim).***