RBCOM - Setelah tim Akademi Persib U-14 tampil sebagai kampiun, pada pekan lalu, kini giliran Akademi Persib U-18 yang mengangkat trofi juara turnamen International Friendship Football Cup (IFFC) di Kuala Lumpur, Malaysia.

Akademi Persib U-18 berjaya setelah menjinakkan Ukay Positive 1-0 pada pertandingan final yang dimainkan Minggu, 30 Juni 2024. Gol tunggal kemenangan Akademi Persib U-18 dicetak Athaya.

Diberitakan laman resmi Persib, pada pertandingan semifinal, Akademi Persib U-18 menyingkirkan Serayan FC dengan skor menyakinkan 3-0.

Baca Juga : TERPOPULER: Profil Calon Pengganti Alberto, Update Bursa Transfer Liga 1 hingga Rumor Ciro Alves Terjawab

Tiga gol kemenangan Akademi Persib U-18 disumbangkan melalui brace Reyhan dan Fathan. Sementara di fase grup, tim Akademi Persib mengalahkan PSDK 1-0 (Athaya), imbang 0-0 dengan Ombak FC, dan menundukkan Hira FC 3-1 melalui gol Reyhan dan brace Athaya.

Pelatih Akademi Persib U-18, Gilang Fauzi mensyukuri pencapaian timnya di IFFC U-18. "Ini merupakan hasil kerja keras pemain mengaplikasikan semua hasil latihan pada saat pertandingan," kata Gilang, usai pertandingan.

Menurut Gilang, turnamen ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas teknik, taktik dan mental para pemain muda dan sebagai ajang belajar, terutama dari lawan dari luar Indonesia. Selain itu, kata Gilang, para pemain bisa menambah jam terbang di turnamen ini.

"Ini penting karena sebentar lagi kita akan menghadapi banyak even di dalam negeri, terutama Elite Pro Academy. Kita berharap, mereka terus belajar agar bisa bersaing di even lokal yang akan kita hadapi," katanya.

Baca Juga : Arsan Makarin Resmi Gabung PSPS Riau, Persib Belum Sampaikan Hatur Nuhun

Sayangnya, jejak tim U-14 dan U-16 tidak bisa diikuti di kelompok U-16. Dua tim yang diturunkan yaitu Akademi Persib Putih dan Akademi Persib Biru harus puas menempati peringkat 3 dan 4 setelah dikalahkan lawannya di babak semifinal melalui drama adu penalti.

Akademi Persib Putih dikalahkan Ombak FC, sedangkan Akademi Persib Biru dicetak TSS Selangor.***