RBCOM - Sebanyak 442 pecatur dari berbagai daerah di Indonesia bersaing di Superchallenge Super Chess National Tournament Series II di Ballroom Papuri Progresif Center, Kota Bandung pada Sabtu 6 Juli 2024.

Setelah sukses digelar pada 2023, Super Chess National Tournament Series II kali ini, mempertandingkan beberapa kategori, yakni Open, Veteran, Junior, dan Xiangqi, dengan total hadiah Rp103.000.000.

Ketua Pelaksana Super Chess National Tournament Series II, H Soleh Subary antusiasme pecatur pada ajang kali ini terbilang sangat tinggi dibandingkan series sebelumnya.

Bahkan, pada series ini tidak hanya dikuti oleh para pecatur lokal, ada beberapa peserta luar negeri yang ikut bertanding memperebutkan gelar juara, yakni dari Serbia, Philipina, dan Malaysia.

Bahkan, pada Super Chess National Tournament Series II ini dihadiri oleh dua Grand Master (GM) ternama Indonesia yaitu Novendra Priasmoro dan Susanto Megaranto yang turut unjuk kemampuannya.

Tak hanya itu, ajang ini menampilkan para Norma Grand Master, Woman Grand Master (WGM), International Master (IM), Fide Master (FM), Master Nasional (MN), Master Percasi (MP), hingga peserta non master, yang siap bertanding.

"Super Chess National Tournament Series II ini, mempertandingkan empat kategori dan diikuti oleh 442 pecatur. Artinya, ada peningkatan cukup tajam dibanding tahun lalu yang hanya 306 peserta," Soleh Subary saat sambutan pada Sabtu 6 Juli 2024.

Ia pun mengucapakan terima kasih kepada para pecatur yang ikut dalam Super Chess National Tournament Series II.

"Suatu kebanggan bagi kami selaku panitia, bahwa dari 442 peserta yang ikut adalah mewakili 18 Provinsi di Indonesia. Even ini dipastikan menarik karena Super Chess Ini Rasanya Super," katanya.

Sementara itu, Perwakilan Bidang Pembinaan dan Prestasi (Bidpres) KONI Jawa Barat (Jabar), Ridlo Eisy mengapresiasi Superchallenge yang telah menggelar Super Chess National Tournament Series II kali ini.

Sebab menurutnya, ajang tersebut bisa menjadi salah satu turnamen pemanasan bagi para atlet catur di Jabar yang sebentar lagi akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024.

"Khusus untuk Open Tournament, ini bisa menjadi pemanasan dan pelatihan atlet-atlet Jabar menuju PON tanggal 8 September di Aceh dan Sumut, di mana catur resmi sebagai cabor yang dipertandingkan," ucapnya.

Ridlo menilai, kategori Junior di Super Chess National Tournament Series II kali ini, bisa menjadi ajang untuk mengasah dan mengembangkan potensi bagi para atlit di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) nanti.

"Kemudian untuk Junior. Setelah PON 2024, akan ada Kejurnas Junior, maka even Super Chess akan menjadi ajang mengasah kekuatan kami. Siapa kira-kira yang akan menjadi juara di Kejurnas nanti," ujarnya.

Terkait peraturan yang diterapkan pada ajang kali dikatakan Pimpinan Wasit Super Chess National Tournament Series II, Agus Subandrio, sesuai dengan regulasi 1 Januari 2023, yaitu 9 babak untuk kategori Open.

Sedangkan untuk tiga kategori lainnya yakni Veteran, Junior dan Kategori Catur Cina Xiangqi hanya 7 babak.

"Untuk Junior, Open waktu pikir 5 menit plus 5 detik 9 Babak. Sedang untuk Xiangqi waktu pikir 20 menit tanpa tambahan. Ketentuan juara adalah yang digunakan PB Percasi yaitu poin tertinggi." ujarnya.

Para peserta yang mengikuti kategori Junior 20, Veteran 30, Open 50 selain itu ikut bertandingan yakni woman grand master (WGM), international master (IM), fide master (FM), master nasional (MN), dan master percasi (MP) serta non master.

Berikut Ranking 5 Teratas di Masing-masing Kategori;KATEGORI OPEN

Peringkat 1: Novendra Priasmoro (DKI Jakarta)

Peringkat 2: Ivan Maximilian Putra (Jabar)

Peringkat 3: Dziththauly Ramadhan (Jatim)

Peringkat 4: Sugeng Prasetyo (Banten)

Peringkat 5: Nuh Hakim Perwiratama (Jabar)

RANKING KATEGORI VETERAN

Peringkat 1: Zadiat (Jabar)

Peringkat 2: Dude Risma (Jabar)

Peringkat 3: Priyadi (Jabar)

Peringkat 4: Djoko Supriyono (Jateng)

Peringkat 5: Daryanto (Jabar)

RANKING KATEGORI JUNIOR

Peringkat 1: Maximiliano Marrhuimawan (Banten)

Peringkat 2: M Ariel Davinsyah BTS 207 (Jabar)

Peringkat 3: Achmad Alfi Nabawi (Jabar)

Peringkat 4: Narayana Mulya Wicaksana (Jatim)

Peringkat 5: Assaini Hafidz Raja (Jabar)

RANKING KATEGORI XIANGQI

Peringkat 1: Jonathan Lukas Wijaya

Peringkat 2: Ali Shodikin

Peringkat 3: Kenneth Djohari

Peringkat 4: Lailatul Kodariyah

Peringkat 5: Siti Rohimat

Itulah ranking 5 teratas di masing-masing Kategori Superchallenge Super Chess National Tournament Series II yang digelar di Ballroom Papuri Progresif Center, Kota Bandung pada Sabtu 6 Juli 2024.***