RBCOM - Bek Persib Bandung, Gustavo Franca bandingkan karakter permainan tim-tim di Liga 1 Indonesia dengan Liga Portugal.

Menurut pemain asal Brasil, ada perbedaan yang sangat mencolok antara sepak bola Indonesia dengan Portugal.

Salah satu perbedaan yang dirasanya cukup kontras adalah dalam gaya bermain, di mana di sepak bola Indonesia lebih mengandalkan fisikal dan transisi cepat.

Baca Juga : Bojan Hodak: Itu Terlalu Banyak

"Begitu kuat, begitu bagus juga. Bagi saya ini benar-benar baru. Ini permainan sepak bola yang sepenuhnya berbeda di karier saya," kata Gustavo Franca.

"Saya dan rekan-rekan setim harus beradaptasi karena baru bergabung. Terutama dengan sekarang bertambahnya pemain asing ini akan meningkatkan levelnya, di sini juga ada banyak pemain lokal yang bagus, jadi ini akan meningkat," ujarnya.

Gustavo Franca menghabiskan lebih dari separuh karier sepak bolanya di Portugal. Dia pernah membela, Leixoes, Lank FCV dan Tondela serta sempat juga berkarier di Azerbaijan bersama FK Sabail.

Baca Juga : Marc Klok dan Beckham Putra Berpeluang Tampil di Laga Persib vs Arema

"Oke, di sepak bola Indonesia itu lebih fisikal. Lebih pada permainan transisi dan setiap saat harus selalu siap untuk transisi bertahan," jelasnya.

Ini sangat berbeda, sepak bola Asia memiliki karakteristik yang berbeda, Eropa juga berbeda. Jika anda pergi ke belahan dunia lain seperti di Eropa, tentunya akan berbeda."

"Jadi ini waktunya untuk memahami, untuk belajar dan juga untuk lebih baik hari demi hari," tutup pemain berusia 28 tahun itu.***