RBCOM - Salah seorang tim kesehatan Persib Bandung, M Rafi Ghani sampaikan kabar gembira terkait kondisi kesehatan Tyronne del Pino yang sempat kolaps tak sadarkan diri di pertandingan kontra Persebaya Surabaya.

Rafi Ghani menyebutkan bahwa kondisi Tyronne del Pino dalam kondisi yang baik, namun menyisakan sejumlah keluhan.

Rafi menjelaskan keluhan tersebut sangatlah wajar didapat Tyronne del Pino karena adanya benturan atau trauma di bagian rahang dan pipi.

Baca Juga : Skema Permainan Persib Berubah, Bojan Hodak Ungkap Alasannya

Sebab, area itu sangatlah vital karena dapat mempengaruhi sejumlah saraf yang langsung mengarah kepada otak.

"Benturan di bagian tulang rahang, tulang pipi dan tulang rahangnya, terus sempet kehilangan kesadaran beberapa detik sekitar 30 detik sampai 1 menit, tapi setelah itu kesadarannya bagus, sudah seperti biasa," ujar Rafi kepada awak media.

Hanya saja kata Rafi, selalu ada dampak dari trauma yang berkaitan dengan kepala, salah satunya ada nyeri pada bagian leher. Rafi melihat, Tyronne juga sudah bisa beraktivitas secara normal, meski terkadang memegangi bagian kepala yang mengalami benturan.

"Cuman memang pasti ada rasa nyeri di bagian terkena benturan atau trauma, memang ada nyeri di bagian otot otot lehernya," tambahnya.

Baca Juga : Persib Tim Belum Terkalahkan dan Paling Produktif Cetak Gol, Bojan Hodak: Kami Tanpa David da Silva

Rafi pun memastikan, tim kesehatan Persib akan terus melakukan observasi atas masalah yang didapat Tyronne.

Sebab ia khawatir, akan ada gejala-gejala susulan seperti sakit kepala hingga muntah. Apabila itu terjadi, maka Tyronne perlu penanganan yang lebih serius.

"Saat ini saya observasi bilamana ada gejala gejala susulan, misalnya sakit kepala, terus mual, saya akan kontak terus," tutup Rafi.***