Kualitasnya Diakui, Pesepakbola Indonesia Dinilai Bisa Bersaing di Luar Negeri

Kualitasnya Diakui, Pesepakbola Indonesia Dinilai Bisa Bersaing di Luar Negeri

REPUBLIKBOBOTOH - Salah satu agen pemain asal Indonesia, Gabriel Budi mengatakan saat ini banyak pemain tanah air yang mulai berkarir dan diincar oleh klub luar negeri.

Budi menilai, hal itu dikarenakan kualitas pemain Indonesia sudah diakui oleh klub-klub luar.


Pernyataan Budi bukan tanpa sebab, beberapa kliennya kini dan pernah tercatat sebagai pemain yang membela klub luar negeri.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sebut saja Iija Spasojevic. Ia merupakan top skor Liga Malaysia dan turut membawa Malaka menjuarai Malaysia Premier League.

Pemain lainnya adalah Ryuji Utomo yang kini bermain di Penang Malaysia. Asnawi Mangkualam yang akan bermain di Korea League.

Bahkan yang terbaru adalah pemain Persib, Beckham Putra Nugraha yang diincar klub asal Eropa, FK Sutjeska Nikšić dari Montenegro.

"Skil pemain Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara Asean di Asia, bahkan di beberapa negara Eropa. Namun pemain tersebut harus cepat beradaptasi jika ingin sukses di luar negeri," kata Budi dikutip dari instagram @pengamatsepakbola.

Gabriel Budi juga memberikan tips bagi para pemain yang ingin berkarir di luar negeri.

Selalu melakukan yang terbaik saat latihan dan pertandingan adalah salah satu kunci suksesnya.

"Tunjukan memiliki kesitimewaan di dalam negeri, peluang ke luar pastinya akan datang," ungkapnya

Tips lainnya adalah menyiapkan mental untuk merantau dan berjuang di luar negeri. Kualitas dan keistimewaan juga harus ditunjukan karena pemain Indonesia di luar negeri berstatus pemain asing.

"Mau belajar minimal bahasa global (Inggris) dan punya pendirian yang kuat," tukasnya. (Raffy Faraz Ramadhan)

https://www.youtube.com/watch?v=2d32QwvQ1dk

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini