sinergi foundation

Pelatih Persib Bicara Persaingan Tim di Piala Wali Kota Solo

Pelatih Persib Bicara Persaingan Tim di Piala Wali Kota Solo Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Kris Andieka/Republik Bobotoh)

REPUBLIKBOBOTOH - Turnamen Piala Wali Kota Solo akan menjadi ajang pemanasan bagi empat klub Liga 1 dan empat klub Liga 2. Termasuk Persib Bandung yang menjadi salah satu tim undangan dalam turnamen tersebut.

Turnamen yang digelar pada akhir Juni mendatang akan diikuti oleh 8 klub yaitu Persib, Bali United, Bhayangkara FC, Arema, PSG Pati, Dewa United, Persis Solo, dan Rans Cilegon FC.

Berbicara tentang kualitas calon lawan dalam turnamen tersebut, pelatih Persib Robert Albert mengatakan, ke-8 peserta merupakan klub yang berkualitas.

"Jika melihat tim yang diundang, yang mana kami tidak tahu apakah semuanya setuju untuk bergabung, mereka adalah tim berkualitas yang ada di Indonesia," ungkap Robert kepada awak media, Rabu 9 Juni 2021.

"Meskipun ada tim dari Liga 2, tapi kini sudah banyak tim Liga 2 yang menyita perhatian dan itu hal positif bagi piramida sepakbola di Indonesia," imbuhnya.


Robert menilai, apa yang terjadi di Liga 2 dengan munculnya sejumlah klub yang ditopang oleh finansial kuat pasca akuisisi yang dilakukan sejumlah selebritis tanah air akan memberikan dampak positif.

"Ini menarik, apa yang akan terjadi dengan Liga 2 karena ada banyak klub yang berambisi dan itu positif untuk sepakbola kami," ujarnya.

"Ada juga klub Liga 3 yang berambisi promosi ke Liga 2, dan memang seperti itu seharusnya," tegas pelatih asal Belanda tersebut.

Robert menyatakan, adanya persaingan dan keinginan untuk bisa naik kasta adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap klub Liga 2 dan Liga 3.

"Seharusnya tim harus punya perasaan seperti itu, ambisi membuka kesempatan untuk naik. Dan tim yang kurang punya ambisi biasanya menghadapi kenyataan terdegradasi. Jadi memang ini sistem yang sehat," pungkasnya. (Raffy Faraz Ramadhan)

Editor: Helmi M Permana
Piksi

Berita Terkini