Line Up Sementara Pembalap MotoGP 2022, 6 Posisi Masih Kosong

 Line Up Sementara Pembalap MotoGP 2022, 6 Posisi Masih Kosong Tangkapan layar (Instagram @motogp)

REPUBLIKBOBOTOH - Meski masih tengah musim 2021, perpindahan pebalap untuk memenuhi kuota kursi pebalap MotoGP musim depan semakin menarik untuk disimak.

Apalagi, kabar mengejutkan datang dari tim Yamaha Factory usai salah satu pembalapnya, yakni Maverick Vinales memutuskan tidak lagi menjadi tandem Fabio Quartararo mulai akhir musim ini.

Sebanyak 12 tim bakal ikut bertarung di ajang MotoGP musim depan. Ada 22 kursi bagi pebalap di kasta tertinggi balap motor dunia ini.

Tujuh tim di antaranya sudah memastikan line up pembalapnya musim depan. Tim Ducati Lenovo akan tetap diperkuat Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

Tim Repsol Honda juga masih menurunkan line up yang sama seperti musim ini, yakni duo Spanyol Marc Marquez dan Pol Espargaro.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Duo Spanyol juga tercatat masih akan memperkuat Tim Suzuki Ecstar, yakni juara bertahan MotoGP 2020 Joan Mir dan Alex Rins.

Di tim Red Bull KTM Factory Racing, pebalap asal Afrika Selatan Brand Binder yang telah memperbaharui kontraknya hingga 2024 akan tetap menjadi tandem pembalap asal Portugal Miguel Oliveira.

Formasi pebalap yang sama dengan musim ini juga dipertahankan oleh tim Pramac Racing yang masih mempercayai Johann Zarco dan pebalap debutan Jorge Martin.

Tim LCR Honda juga tidak mengubah jajaran pebalapnya. Mereka akan tetap diperkuat Takaaki Nakagami dan Alex Marquez.

Sementara itu, tim Flex-Box Gresini MotoGP yang telah menyelesaikan kesepakatan selama dua tahun dengan Ducati akan diperkuat pemuda asal Italia Enea Bastianini, sedangkan satu posisi lagi akan diisi pebalap yang saat ini masih berlaga di Moto2 yakni Fabio Di Giannantonio.

Sebanyak lima tim lainnya, hingga saat ini masih belum memutuskan formasi lengkap untuk MotoGP musim depan.

Tim Monster Energy Yamaha baru mengonfirmasi satu pebalap, yakni pimpinan klasemen sementara MotoGP 2021 Fabio Quartararo. Satu posisi lagi baru saja ditinggalkan oleh Maverick Vinales yang banyak dikaitkan dengan satu kursi di tim Aprilia.

Tim Aprilia Racing Team Gresini baru memastikan Aleix Espargaro sebagai pebalapnya. Setidaknya ada tiga nama yang berpeluang mengisi satu kursi lagi, yakni pebalap musim ini Lorenzo Savadori, pebalap penguji Andrea Dovizioso, atau Maverick Vinales.

Tim lain yang belum memastikan pebalap kedua untuk musim depan adalah Petronas Yamaha SRT. Hingga saat ini baru satu pebalap yang dipastikan membela tim itu, yakni Franco Morbidelli. Sedangkan Valentino Rossi masih belum mengonfirmasi kelanjutan karirnya di MotoGP. Jika juara dunia sembilan kali itu menyatakan pensiun, maka Petronas Yamaha SRT harus mencari pebalap lain, kecuali kedua belah pihak memutuskan memperpanjang kerja samanya.

Keputusan Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT sepertinya akan mempengaruhi posisi pebalap di tim Aramco Racing VR46 yang telah menyepakati kerja sama tiga tahun degan ducati. Meski belum mendaftarkan satupun pembalapnya, namun satu kursi kemungkinan besar akan diisi adik Rossi, yakni Luca Marini. Tim Aramco Racing tentu membutuhkan satu pebalap lagi untuk menjadi tandem Marini. Mungkinkah Rossi akan melanjutkan karirnya di Aramco Racing VR46? patut ditunggu.

Satu tim lain yang juga sedang menjadi perbincangan hangat adalah Tech3 KTM Factory Racing. Hingga saat ini Tech3 KTM baru mengonfirmasi satu pebalap, yakni Remy Gardner yang saat ini masih berlaga di Moto2 dan memimpin klasemen sementara musim 2021 di kelas menengah itu.

Satu tempat lagi di tim Tech3 KTM belum jelas, meski ada rumor yang menyebutkan posisi tersebut berpeluang diberikan kepada pebalap muda asal Spanyol yang saat ini bersinar di musim pertamanya di kelas Moto2, Raul Fernandez. Jika KTM dan Raul Fernandez memutuskan tetap di Moto2 musim depan, dengan catatan tidak ada tim lain di MotoGP yang menggaet Raul Fernandez, maka kemungkinan salah satu dari Danillo Petruci atau Iker Lecuona akan dipertahankan oleh Tech3 KTM untuk musim depan.

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Editor: Sirojul Muttaqien

Piksi

Berita Terkini