Mantan Bek Persib Tanggapi Banyaknya Pemain Asing Asal Brasil di Liga 1, Seperti Berjodoh

Mantan Bek Persib Tanggapi Banyaknya Pemain Asing Asal Brasil di Liga 1, Seperti Berjodoh Aksi striker Persib, Wander Luiz di laga Persib kontra Persiraja. (Ligaindonesiabaru.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Mantan bek Persib Bandung yang kini menjadi asisten pelatih di Bali United, Antonio Claudio menanggapi ramainya pemain asing asal Brasil yang merumput di Liga 1 Indonesia.

Setiap tahunnya Liga 1 Indonesia selalu diramaikan dengan pemain asing asal Brasil. Bahkan pemain berasal dari Negara Samba tersebut selalu mendominasi daftar pemain asing di Indonesia.

Menurut catatan dalam laman resmi Liga Indonesia Baru, pada musim 2019 tercatat ada 33 pemain asing asal Brasil di Indonesia.

Lalu di musim 2020 jumlahnya menurun menjadi 23 seiring dengan penyesuaian kuota pemain untuk slot Asia.

Sedangkan pada musim 2021 ini jumlahnya kembali naik menjadi 28 pemain, sekitar 44,4 persen dari total keseluruhan pemain asing di Indonesia.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Yang lebih menarik lagi delapan di antaranya merupakan pemain debutan atau baru merumput di Indonesia.

Di antaranya Dionatan Machado ‘Tinga’, Arthur Silva (Persik Kediri), Bruno Moreira, Jose Wilkson (Persebaya Surabaya), Leo Lelis (Persiraja Banda Aceh), Harrison Cardoso (Persita Tangerang), Henrique Motta (Persipura Jayapura) dan Adilson Maringa (Arema FC).

Antonio Claudio yang tercatat sebagai pemain pertama yang berkostum Persib, mengatakan pemain-pemain Brasil ini seperti berjodoh dengan sepak bola Indonesia.

Faktor utama adalah perkembangan kompetisi Indonesia yang semakin kompetitif, sehingga banyak pemain-pemain dari Brasil yang tertarik untuk menjajal karier di Indonesia.

“Cocok karena saya rasakan kualitas pemain dan tim yang makin hari makin berkembang,” kata Antonio Claudio dikutip dari laman resmi Liga Indonesia Baru.

Alasan lainnya menurut Antonio Claudio, kultur budaya masyarakat Indonesia yang hangat dan penuh ramah tamah juga menjadi alasan tersendiri.

Faktor pendukung lainnya adalah iklim cuaca di Indonesia yang tidak jauh berbeda dengan Brasil.

Kedua negara merupakan negara beriklim tropis yang dilewati garis khatulistiwa. Sehingga pemain-pemain Brasil tidak merasa kesulitan beradaptasi di Indonesia.

“Cuaca dan alam Indonesia yang hampir sama dengan Brasil salah satu alasan banyaknya pemain Brasil yang suka atau bahkan betah di Indonesia,” tuntasnya.**

VIDEO

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Adam Husein | Editor: Daddy

Piksi

Berita Terkini