Robert Alberts dan Tantangan Jadi Pelatih Asing Pertama yang Bawa Persib Juara

Robert Alberts dan Tantangan Jadi Pelatih Asing Pertama yang Bawa Persib Juara Pelatih Persib Robert Alberts. (Kris Andieka)

REPUBLIK BOBOTOH - Kiprah pelatih asing di Persib Bandung sudah ada sejak era Perserikatan. Catatan sejarah mencatat Marek Janota sebagai pelatih asing pertama yang menukangi Maung Bandung.

Meski kerap dianggap atau dinilai memiliki ilmu dan teori sepak bola yang lebih baik dibandingkan pelatih lokal. Tapi sejak era Marek Janota hingga sekarang, belum ada satu pun pelatih asing yang sukses membawa Persib juara.

Selalu nama-nama lokal yang membawa Persib jadi juara. Termasuk di era kompetisi Liga Indonesia dan ISL. Indra Thohir pada musim 1994/1995 dan Djadjang Nurdjaman di ISL musim 2014.

Pencapaian yang bisa dikatakan paling mendekati adalah Roberto Carlos Mario Gomez pada kompetisi Liga 1 musim 2018.

Pelatih Argentina itu sempat membawa Persib memimpin klasemen. Tapi situasi berubah drastis setelah kemenangan 3-2 atas Persija Jakarta.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Marek Janota sebenarnya ikut ambil bagian dalam tim Persib saat menjadi juara Perserikatan musim 1990. Namun posisinya saat itu bukan pelatih, tapi penasihat tim yang memberi masukan kepada pelatih Ade Dana.

Kini tantangan mengubah sejarah itu akan dihadapi Robert Alberts yang pada musim kedua sebenarnya cukup berhasil melakukan start positif bersama Persib.

Sayang Liga 1 2020 dihentikan saat baru berjalan 3 pekan pertandingan karena pandemi Covid-19.

Berikut daftar pelatih asing yang pernah menangani Persib:

- Marek Janota/Polandia (1980-1983)

- Marek Andrejz Sledzianowski/Polandia (2003)

- Juan Paez/Cili (2003-2004)

- Arcan Iurie/Moldova (2006-2007)

- Daniel Darko Jankovic/Serbia-Prancis (2010) dan Jovo Cuckovic/Serbia (2010)

- Drago Mamic/Kroasia (2011)

- Dejan Antonic/Serbia (2016)

- Mario Gomez/Argentina (2018)

- Miljan Radovic/Montenegro (2019)

- Robert Rene Alberts/Belanda (2019-).**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini