Apindo Jabar Dorong Percepatan Vaksinasi, 350 Ribu Karyawan dari 650 Perusahaan Sudah Divaksin

Apindo Jabar Dorong Percepatan Vaksinasi, 350 Ribu Karyawan dari 650 Perusahaan Sudah Divaksin

RBNEWS - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar secara maraton berkolaborasi dengan Polda Jabar menggelar vaksinasi untuk kalangan pekerja.

Yang terbaru, perusahaan yang menggelar vaksinasi adalah adalah PT.Metro Pearl Indonesia, PT. Glostar Indonesia 1, PT. Pou Yuen Indonesia, dan PT. Muara Tunggal.

Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik mengemukakan kegiatan vaksinasi dikebut untuk akselerasi pembentukan heard immunity untuk perusahaan-perusahaan sehingga pada saatnya perusahaan akan siap untuk beroperasi 100% lagi dengan lebih nyaman dan lebih tenang tanpa dibayangi penularan virus Covid-19.

"Pada saat sekarang sekitar 650 perusaahan anggota Apindo Jabar sudah melakukan vaksinasi dan sekitar 350 ribu karyawan sudah tervaksin. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena kegiatan vaksinasi juga terus dilakukan," kata Ketua Apindo Jabar, Senin 16 Agustus 2021.


Dia menjelaskan, Apindo menyasar perusahaan-perusahaan padat karya terlebih dahulu dikarenakan begitu banyak melibatkan puluhan ribu karyawan dalam satu lokasi dengan tingkat risiko penularan yang sangat tinggi.

Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dengan mengedapankan padat karya ini, dia mengharapkan membantu mempercepat heard immunity masyarakat sehingga kegiatan berusahan akan terus bisa berjalan dan ekonomi akan kembali bangkit.

Menururut Ning, tidak semua karyawan berani melakukan vaksinasi sehingga hal tersebut menjadi tantangan untuk perusahaan dan memicu perusahan berkreasi untuk melakukan edukasi, promosi dan kampanye pentingnya melakukan vaksinasi.

"Contohnya dengan memberikan ceramah-ceramah di masjid perusahaan, pengumuman-pengumuman dan ajakan melalui banner, menggunakan speaker di setiap gedung, menggunakan atribut ajakan vaksin seperti t-shirt, pin, dan sejenisnya," tutur Ning.

Bahkan, lanjutnya, ada perusahaan yang melakukan terobosan luar biasa untuk menarik perhatian karyawan untuk mengikuti vaksinasi hingga mengadakan doorpize kepada karyawan berupa IPhone 12, laptop, smart watch, voucher belanja, dan lainnya.

“Bahkan saya mendengar langsung dari pimpinan perusaahaan Pou Yuen Indonesia, Pak Hendrick yang menyebutkan bahwa mereka melakukan program doorprize dengan berbagai macam hadiah," ujarnya.

Tidak hanya Pou Yuen Indonesia, hal serupa dilakukan oleh PT. Glostar Indonesia 1 Sukabumi seperti yang disebutkan Ibu Lisa dan Mr. Chou.

Dia mengemukakan edukasi-edukasi ini juga bisa dilhat hasilnya pada perusahaan PT Metro Pearl Indonesia seperti yang disampaikan Direktur Metro Pearl Indonesia, Anto Tsai.

“Antusiasme karyawan pada sesi kedua vaksinasi meningkat 30% dari sesi sebelumnya," katanya.

Terkait antusiasme, karyawan PT Muara Tunggal yang bertempat di Cibadak Kab. sukabumi, juga sangat proaktif dalam melakukan inisiasi untuk mengadakan kegiatan vaksinasi.

Para karyawan mampu menjadi sukarelawan panitia pelaksana, dan mengatur segala sesuatunya menjadi sangat teratur, tertib dan lancar.

Kapolres Sukabumi turut hadir dalam kegiatan vaksinasi tersebut untuk meninjau kelancaran acara.

Kerja sama terjalin dengan baik antara DPP Apindo Jabar, Polda Jabar, Apindo DPK Sukabumi, Polres Kabupaten Sukabumi untuk kegiatan vaksinasi ini.

"Dan kegiatan akselerasi vaksinasi ini akan diupayakan dilaksanakan secara maksimal tanpa lelah dan dilakukan secara berkelanjutan keseluruh daerah di Jawa Barat, sehingga target heard immunity tercapai," tegas Ketua Apindo Jabar.

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Sirojul M | Editor: Sirojul Muttaqien

Piksi

Berita Terkini