Blak-blakan, Andibachtiar Yusuf Ceritakan Tentang Ide Film Romeo and Juliet

Blak-blakan, Andibachtiar Yusuf Ceritakan Tentang Ide Film Romeo and Juliet Film Romeo and Juliet. (IMDB.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Siapa yang tak kenal dengan cerita klasik Romeo and Juliet karya dari William Shakespare? Kisah yang menceritakan dua manusia yang berasal dari dua kelompok berseberangan itu memang selalu diingat karena menghadirkan kisah menarik. Namun bagi sebagian Bobotoh dan Jakmania, kisah tersebut tentunya tak bisa lepas dengan film yang disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf, film tahun 2009 berjudul Romeo and Juliet.

Ditangan pria yang akrab disapa Ucup itu pada tahun 2009, kisah Romeo and Juliet dikemas secara berbeda, meski kisahnya diadaptasi dari cerita sebenarnya. Konflik antara dua kubu suporter di Indonesia menjadi pilihan Ucup dalam film karangannya tersebut.

Namun jauh dari itu, Ucup mengungkapkan dirinya menulis film berjudul Romeo and Juliet bermula dari salah satu tempat teater di Inggris yang menyajikan kisah berjudul The Old Firm. Yang mana kisah itu menceritakan perseteruan klasik antara dua tim asal Skotlandia, yakni Celtic dan Rangers.

Duel khas antara dua tim yang memiliki basis di Glasgow tersebut memang tak hanya mengisahkan perseteruan di lapangan hijau saja, melainkan ada budaya, politik, sosial, dan agama di Skotlandia.

Ucup menjelaskan bahwa cerita The Old Firm merupakan kisah cinta dua anak manusia dari latar belakang yang berbeda. Sang perempuan memiliki kepercayaan kristen protestan (Glasgow Rangers) dan sang lelaki beragama kristen katolik (Glasgow Celtic).


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Dalam mendukung sebuah klub, kisah The Old Firm terbilang hampir serupa dengan di Indonesia. Meski tak bisa menceritakan The Old Firm secara rinci, Ucup mengambil ide untuk menuangkan kisah tersebut di Indonesia dengan mengambil basis suporter terbesar yang dikenal memiliki hubungan kurang harmonis, yakni suporter Persib kontra suporter Persija.

"Waktu itu dulu itu sebetulnya ide nya itu nonton teater karena dulu pernah kerja di Inggris, suatu hari nonton teater yang judulnya The Old Firm itu menceritakan Celtic sama Rangers, ceritanya Romeo Juliet, cowoknya Katolik, ceweknya protestan,"

"Nah lalu waktu itu saya sempat ngomong sama orang sana, cerita yang gini bisa di bikin di Indonesia nih. Sama berantem juga kaya di sini (Inggris)," Ujar Andi Bactiar Yusuf di program PERSIB AING yang sudah tayang di YouTube REPUBLIKBOBOTOH TV.

Dalam proses pematangan ide tersebut, akhirnya Ucup memilih pemeran utama pria, Edo Borne sebagai pria asal Jakarta yang mengejar cintanya kepada gadis asal Bandung yang diperankan Sissy Priscillia.

"Lalu setelah pulang mulai buat buat film lah akhirnya ketemu orang yang nanya ada cerita apa, ini aja Romeo Juliet, cowonya Jakarta dan ceweknya Bandung," tambahnya.

Cerita Old Firm dan perseteruan Jak Mania dan Bobotoh memiliki banyak kesamaan dalam mendukung timmya. Terutama soal fanatisme untuk melihat timnya agar lebih unggul dibanding tim rivalnya.

Bagi Ucup, perbedaan memang kerap mengundang hal menarik untuk diceritakan. Hingga tak jarang orang-orang gelap mata dalam memperjuangkan pilihannya.

"Seru kan, saya itu suka untuk menceritakan kita kita ini lah sekarang, waktu itu mungkin steatmennya itu orang kita ini beda beda, beda pendapat, beda etnis, beda agama, tapi orang kita itu seolah olah ingin semuanya sama." tuntasnya.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini