Pemain Persib Kelelahan Akibat Bolak-balik Jabodetabek-Bandung?

Pemain Persib Kelelahan Akibat Bolak-balik Jabodetabek-Bandung? Starting XI Persib Bandung saat menghadapi Bali United pada pekan ketiga Liga 1 2021-2022. (Ligaindonesiabaru.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts memastikan, skuad Maung Bandung cukup prima dan siap tempur menghadapi Borneo FC, besok malam.

Persib bentrok dengan Borneo FC pada pekan keempat Liga 1 musim 2021-2022 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Banten, Kamis malam 23 September 2021.

Robert membantah asumsi para pemain Persib mengalami kelelahan karena kerap memutuskan tidak tinggal di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) yang menjadi sentra digelarnya pertandingan Seri 1 dan memilih bolak-balik Bandung.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan, ada alasan logis yang membuat Persib tidak bertahan di wilayah Jabodetabek. Utamanya terkait ketersediaan lapangan untuk berlatih.

"Ada beberapa alasan untuk itu. Salah satunya sulit untuk mendapatkan lapangan latihan di sekitar Jakarta, karena itu kami memilih untuk langsung pulang ke Bandung," kata Robert dalam jumpa pers virtual jelang pertandingan, Rabu 22 September 2021.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Jika kebugaran pemain terlihat belum maksimal, kata Robert, itu juga dialami oleh mayoritas tim karena kenyataannya selama pandemi Covid-19, klub-klub tidak bertanding karena tak ada kompetisi dan kesulitan berlatih seperti dialami pada masa-masa awal diberlakukannya PPKM.

"Dan tim juga tidak mengalami kelelahan setelah tiga pertandingan. Kondisi ini juga bukan hanya dialami Persib tapi seluruh tim di Indonesia yang tidak bermain selama 1,5 tahun dan harus mengembalikan mereka ke ritmenya," tegasnya.

"Bisa dilihat dari laga-laga yang sudah dimainkan, mereka belum mencapai level kompetisi seperti musim lalu yang mana levelnya itu lebih tinggi."

Persib selama ini, memilih untuk bolak-balik Bandung-Jabodetabek dengan pola yang sama yakni pergi sehari sebelum hari H pertandingan dan langsung pulang ke Bandung setelah pertandingan. Ini berbeda dengan mayoritas tim yang memilih bertahan di wilayah Jabodetabek selama Seri 1.

"Pemain masih harus memulihkan mereka ke ritme bermain yang sesungguhnya dan itu butuh 5-6 laga dalam musim yang normal."

"Lalu nanti setelah 6 laga, kami akan ada masa transisi lagi ke sistem bubble yang baru, jadi pasti ada masa jeda (jelang seri kedua) dan itu akan jadi permainan sepakbola yang berbeda sekarang."

"Jadi kami tidak kelelahan, tapi pemain masih butuh waktu untuk merasa nyaman lagi dan setelah 5-6 laga baru bisa dilihat bagaimana kualitas tim yang sebenarnya."

"Tapi kini jeda antar laga menjadi lebih padat, sekitar 3-4 hari, jadi niatan kami adalah tinggal di area sekitar Jakarta dan melakukan persiapan di sana karena lebih nyaman bagi kami," tuntasnya.

Pertandingan Persib vs Borneo FC akan disiarkan langsung Indosiar pada pukul 19.00 WIB dan juga live streaming di platform tv online berlangganan, Vidio.com.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini