Pemerintah Temui PSSI, Pertandingan Liga Bisa Dihadiri Penonton?

Pemerintah Temui PSSI, Pertandingan Liga Bisa Dihadiri Penonton? Bobotoh saat mendukung Persib di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada kompetisi Liga 1 musim 2019. (Persib.co.id)

REPUBLIK BOBOTOH - Pemerintah melalui Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) serta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), mempertimbangkan untuk kembali membuka stadion bagi penonton pertandingan sepak bola di Tanah Air.

Hal itu diungkapkan Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto menyikapi situasi terkini angka kasus penyebaran Covid-19 dan pencapaian vaksinasi secara nasional.

Penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 2 di Grup A dan D yang digelar di Palembang dan Palangka Raya, bisa menjadi contoh kasus untuk menguji coba rencana mengizinkan kembali penonton masuk stadion dalam pertandingan sepak bola Liga Indonesia.

Syarat utama penonton masuk stadion, kata Airlangga yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu, adalah telah melakukan vaksinasi Covid-19 dan jumlahnya terbatas.

"Tadi saya sampaikan kepada Pak Menpora maupun Ketua Umum PSSI untuk dikaji mungkin dalam jumlah prototipe yang kecil tapi yang diselenggarakan saat sekarang masih full tanpa penonton," kata politisi Golkar tersebut memaparkan hasil pertemuan dengan Menpora dan PSSI yang dilakukan Selasa, 28 September 2021, dikutip dari Antara.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Pemerintah, lanjutnya, juga akan mengevaluasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua dan Superbike di Sirkuit Mandalika yang mengizinkan kehadiran 20-25 persen penonton sebagai pertimbangan untuk mengizinkan kehadiran penonton di Liga 2.

“Kita lihat efek ke depannya seperti apa karena Liga 2 ini bergulir sampai bulan Desember,” ujar Airlangga.

“Yang nonton dipersyaratkan sudah disuntik dua kali. Tinggal kita menjaga keamanan ring daripada pertandingan, karena menjaga ring menjadi tantangan tersendiri dari segi keamanan dan juga kesehatan,” jelasnya.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali mengatakan bahwa Kemenpora akan melihat perkembangan ke depan dan mendiskusikan kembali terkait kehadiran penonton.

“Ini tantangan bagi kami dan PSSI bagaimana melihat perkembangan ke depan, mulai dipikirkan ada pertandingan yang ada penontonnya. Nah kami akan diskusikan arahan dari Pak Menko, tentu hasil diskusi akan kami laporkan kembali,” ujar Menpora Zainuddin.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini