Sempat Disorot Statusnya, Luizinho Passos Tinggalkan Persib

Sempat Disorot Statusnya, Luizinho Passos Tinggalkan Persib Luizinho Passos. (Kris Andieka/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Pelatih kiper Persib Bandung, Luizinho Passos meninggalkan tim untuk mengikuti kursus kepelatihan lisensi C AFC di Bali.

Seperti dikutip dari situs web resmi Persib, Senin 18 Oktober 2021, Luizinho Passos akan menjalani kursus kepelatihan C AFC selama dua pekan ke depan.

"Selain itu, tidak ada pelatih kiper Luizinho Passos yang sedang mengikuti kursus kepelatihan di Bali. Ia menjalani pelatihan lisensi C AFC selama dua pekan ke depan," tulis situs web resmi Persib dalam laporannya, Senin 18 Oktober 2021.

Luizinho Passos dipastikan absen mendampingi Persib setidaknya hingga laga pekan ke-10 melawan Persipura Jayapura pada Sabtu 30 Oktober 2021.

Pada pekan ke-8 Liga 1 2021-2022, Persib akan menghadapi PSS Sleman (22 Oktober 2021) dan pekan ke-9 menghadapi Persela Lamongan (26 Oktober 2021).


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Sebelumnya peran Passos di Persib bersama pelatih kiper Bali United, Persipura Jayapura dan Arema FC sempat disorot pengamat sepak bola, Tommy Welly.

Passos di daftar susunan pemain (DSP) Persib ketika melawan Barito Putera pada pekan pembuka Liga 1 2021-2021 ditulis sebagai video teknikal analisis.

Melalui video berjudul 'Persib Bereaksi, yang Bikin Regulasi Sembunyi' di channel YouTube 'GOCEK BUNG TOWEL' yang diunggah pada Jumat 10 September 2021, Tommy Welly yang karib disapa Bung Towel menjelaskan, alasannya menyoroti jabatan aneh sejumlah pelatih kiper di kompetisi Liga 1.

Dalam video tersebut, Bung Towel mengatakan, konten tersebut disampaikan untuk memberikan pencerahan, wawasan dan edukasi kepada semua pihak, termasuk suporter tentang kompetisi, liga dan regulasi.

Persib sendiri sebenarnya sudah resmi menunjuk Gatot Prasetyo sebagai pelatih kiper untuk 'mensiasati' syarat administrasi pelatih kiper. Dengan kata lain, persoalan status Luizinho Passos sudah diluruskan oleh pihak klub. Gatot bukan orang baru, karena saat ini pun dia juga bekerja di Diklat Persib.

"Yang saya mau sampaikan, saya mau bela harkat martabat para pelatih profesional itu. Bahwa, ada persoalan, ada hambatan, ada handicap administrasi, handicap teknis kursus, kenapa tidak disampaikan pada saat AFC Club Licensing Seminar PSSI bulan Juni ketika Ketua Asosiasi Pelatih Indonesia Yeyen Tumena mempresentasikan persyaratan lisensi kepelatihan," ungkap Bung Towel.

"Itu yang mau saya sampaikan. Ini supaya para suporter jadi lebih pinter nih wawasannya. Jangan Baperan, asal klubnya kesenggol, kesebut, asal pelatihnya kesenggol, kesebut, baper, sensi, kesinggung. Ini belajar tentang kompetisi. Ini bukan kompetisi kaleng-kaleng."

"Ini kompetisi level tertinggi negara ini, Liga 1. Kompetisi profesional dan tidak berdiri sendiri, dia (Liga 1) bagian dari kompetisi AFC, Asia. Baik itu Piala AFC maupun Liga Champions Asia. Dan, itu ada regulasinya," tegasnya.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini