Indonesia Ganyang Malaysia, Pastikan Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Indonesia Ganyang Malaysia, Pastikan Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

REPUBLIK BOBOTOH - Timnas Indonesia berhasil melenggang ke semifinal setelah menghempaskan langkah Malaysia di Piala AFF 2020. Pertandingan yang digelar di National Stadium, Singapura pada malam ini, Minggu, 19 Desember 2021 itu berakhir dengan kedudukan 1-4 untuk Indonesia.

Menghadapi pertandingan penentu kontra Malaysia, Timnas Indonesia langsung menurunkan skuat terbaiknya. Hanya saja meski sukses menguasai pertandingan, anak asuh Shin Tae-Yong tertinggal lebih dulu pada menit 13.

Bermula dari kelengahan dari sektor tengah tim Garuda, tim Harimau Malaya langsung memaksimalkan peluang. Hasilnya pemain milik Petaling Jaya CFC, Raj Kogileswaran sukses mengubah papan gol setelah bola sepakanya dari luar kotak penalti menggetarkan jala yang dikawal Nadeo Argawinata, skor berubah menjadi 1-0.

Dibobol lebih dulu, Ezra Walian cs terus menekan hingga mengurung Badrol Bahtiar cs. Justru tim Malaysia tampil lebih bertahan demi menjaga kesucian gawangnya dari kebobolan.

National Stadium, Singapura akhirnya bergemuruh pada menit 37 setelah gawang Khairul Fahmi bergetar melalui sepakan keras Irfan Jaya. Bermula dari umpan menyusur tanah Witan Sulaiman yang lolos dari jebakan offside, Irfan yang berdiri bebas langsung menyambar bola melalui kaki kanannya, skor berubah menjadi 1-1.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Tak lama berselang jala Harimau Malaya kembali bergetar setelah Irfan Jaya mencetak gol pada menit 42 melalui kaki kanannya. Bermula dari bola liar atas skil individual dari Arhan Pratama yang melewati 3 pemain lawan, Irfan yang berdiri di posisi yang tepat langsung menyontek bola ke arah gawang, skor berubah 1-2 sekaligus bertahan hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama dibunyikan.

Setelah sukses membalikan keadaan di babak pertama, Indonesia langsung memasukan pemain bertahan, Elkan Baggot untuk menggantikan Ramai Rumakiek. Namun hal tersebut tak membuat Ezra Walian cs tampil bertahan dan semakin menggila dalam melancarkan serangan.

Terbukti pada menit 50, jala Harimau Malaya kembali bergetar usai Arhan Pratama melepaskan bola dari luar kotak penalti. Bermula dari umpan mendatar yang dikirim Irfan Jaya dari sisi kanan, Arhan yang mendapat ruang tembak langsung melepaskan bola melalui kaki kanannya, skor berubah menjadi 1-3.

Menjauh dari kejaran Harimau Malaya, Tim Garuda terus melancarkan serangan dengan mengandalkan kecepatan dari sisi sayap. Sedangkan Malaysia terus tampil dengan grafik menurun dan hanya mengandalkan serangan balik cepat.

Masuk menit 60, Harimau Malaya mulai keluar dari tekanan. Namun serangan yang dilakukan Dion Cools cs tak berlangsung lama karena Rahmat Irianto cs mampu mengatasi seluruh percobaan yang dilakukan lawan.

Pertandingan semakin menarik karena Timnas Indonesia tampak belum puas dengan defisit 2 gol. Berbagai usaha terus dilakuakan Witan Sulaiman cs hingga memanfaatkan peluang dari sepakan pojok.

Khairul Fahmi kembali harus memungut bola dari gawangnya pada menit 82 melalui sundulan pemain yang baru turun di babak kedua, yakni Elkan Baggot. Bermula dari sepak pojok yanh dikirim Irfan Jaya, Elkan yang memiliki keunggulan postur tubuh langsung menanduk bola ke gawang Harimau Malaya, skor berubah menjadi 1-4.

Setelah unggul jauh, Indonesia semakin menggila dan tampak ingin menambah papan skor. Sayangnya skor 1-4 tak beranjak hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandimgan.

Skor 1-4 sukses mengantarkan Indonesia menjadi pemuncak klasemen di Grup B Piala AFF. Sedangkan di laga lain, Vietnam berhasil unggul 4 gol tanpa balas atas Kamboja.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini