Dramatis, Indonesia Lolos Ke Final Piala AFF 2020 Usai Benamkan Asa Tuan Rumah Singapura

Dramatis, Indonesia Lolos Ke Final Piala AFF 2020 Usai Benamkan Asa Tuan Rumah Singapura Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan atas Singapura dengan skor 4-2 dalam lanjutan leg kedua Semi Final Piala AFF 2020. (PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan atas Singapura dengan skor 4-2 dalam lanjutan leg kedua Semi Final Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, pada Sabtu 25 Desember 2021.

Selain dihiasi tiga kartu merah untuk tim Singapura, pertandingan berjalan sengit hingga babak perpanjangan waktu.

Permainan langsung berjalan cepat dengan menerapkan pola permainan dari kaki ke kaki. Akan tetapi Timnas Indonesia langsung jauh tampil lebih dominan dengan menerapkan permainan terbuka untuk menggempur tim Singapura sejak menit awal.

Sedangkan Singapura tampak main lebih menunggu untuk memanfaatkan kesalahan dari Ezra Walian cs. Dengan skema tersebut, Song Ui-Yong cs tampak memanfaatkan serangan balik cepat dalam membelah pertahanan Indonesia.

Terus menyerang, Indonesia akhirnya sukses membungkam publik Singapura pada menit 11 melalui sontekan dari Ezra Walian. Bermula dari umpan yang dikirim Witan di sisi kanan, Ezra yang berdiri bebas langsung merobek jala Hassan Sunny, skor berubah menjadi 1-0.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Unggul 1 gol Indonesia tak menurunkan tempo. Namun frustasi nampaknya dialami Singapura karena terus dikurung dan sulit mengembangkan permainan.

Dampak hal tersebut, Singapura bermain lebih keras saat berusaha merebut bola. Sehingga jelang pertandingan babak pertama usai, Safuwan Baharudin diganjar kartu kuning kedua karena sempat bersitegang dengan Rizky Ridho.

Setelah wasit memberikan kartu merah, pertandingan sempat berhenti sejenak karena tim Singapura melancarkan protes. Namun keputusan wasit bersifat mutlak dan Safuwan harus mandi lebih cepat di ruang ganti.

Tak berselang lama, kegaduhan tersebut membuat konsentrasi Rahmat Irianto menurun. Sehingga Song Ui-Yong sukses membobol gawang Nadeo setelah menyambar bola liar di dalam kotak penalti, skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Pada babak kedua, Ramai Rumakiek cs kembali mengambil alih permainan. Keunggulan jumlah pemain juga langsung dimanfaatkan untuk mengurung Hariss Harun cs dan menciptakan banyak peluang.

Petaka untuk Singapura kembali hadit pada menit 67 setelah Irfan Jaya dilanggar Irfan Fandi di depan kotak penalti Singapura. Akibat hal itu, Fandi mendapat kartu merah langsung dan Singapura tampil dengan 9 pemain.

Kalah jumlah pemain, Singapura justru berhasip mencetak gol melalui sepakan bebas Shahdan Sulaiman. Skor berubah menjadi 1-2 untuk Singapura.

Tertinggal 1 gol, mental pemain Indonesia tampak menurun. Banyak kesalah mendasar yang dilakukan Egy Maulana Vikri cs dalam melancarkan serangan.

Namun Indonesia terus berusaha mencetak gol dan akhirnya usaha tersebut tercipta melalui kaki Arhan Pratama pada menit 87, skor menjadi imbang 2-2.

Tak beberapa lama, Singapura mendapat penalti pada menit 88 usai Shahdan Sulaiman terjatuh di kotak penalti. Faisal Rahmi yang menjadi algojo belum mampu mencetak gol karena sepakannya masih ditepis oleh Nadeo Argawinata. Skor 2-2 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak kedua.

Masuk ke babak perpanjangan waktu, Indonesia langsung mengubah papan skor saat pertandingan baru berjalan beberapa menit saja. Irfan Jaya berhasil memanfaatkan peluang dari kemelut yang tercipta di mulut gawang Singapura, skor berubah menjadi 3-2.

Unggul sementara, Timnas terus menyerang dan kembali jala Hassan Sunny kembali bergetar pada menit 105. Bermula dari sepak pojok yang dikirim Arhan, Egy yang mendapat ruang tembak di mulut gawang langsung menyambar bola melalui kaki kanannya, skor 4-2 bertahan hingga babak perpanjangan waktu pertama.

Di babak perpanjangan waktu kedua, Singapura kembali kehilangan pemainnya setelah Hassan Sunny melanggar keras Irfan Jaya yang lepas dari kawalan offside. Sayangnya kesempatan itu belum mampu dimanfaatkan Indonesia dan hasil 4-2 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Raffy Faraz | Editor: Teguh Nurtanto

Piksi

Berita Terkini