Daftar Pemain Persib 2022, Beckham Putra Nugraha Bukan Pemain Termuda di Skuad Maung Bandung

Daftar Pemain Persib 2022, Beckham Putra Nugraha Bukan Pemain Termuda di Skuad Maung Bandung Mohammed Rashid dan Beckham merayakan gol yang dicetak ke gawang Borneo FC. (Ligaindonesiabaru.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha rupanya bukan pemain termuda di Persib pada musim Liga 1 2021/2022 ini.

Ada pemain yang lebih muda, namun dia belum sekalipun mendapatkan menit bermain hingga pekan ke-20 Liga 1 musim ini, dia adalah Dimas Juliono yang masih berusia 17 tahun.

Sedangkan untuk pemain tertua di Persib, ialah I Made Wirawan yang kini telah berusia 40 tahun.

Federasi sepak bola eropa, UEFA pada 2004 pernah melakukan survei tentang usia emas pemain sepak bola. Hasilnya menunjukkan angka 26,495 atau kisaran 26-27 tahun merupakan golden age atau puncak performa pesepakbola.

Dilansir dari Fieldinsider, bahwa usia emas berada pada umur 27-29 tahun. Hal ini karena pada umur tersebut, para pemain sudah cukup matang dapat mampu mengeluarkan potensi yang dimiliki.


Sebab yang lain, yakni memasuki usia 30 tahun seorang pemain sepak bola rentan mendapatkan cidera dan performa di lapangan kian menurun karena faktor stamina. Kurangnya motivasi bermain juga menghasilkan performa yang buruk di lapangan.

Namun tidak sedikit juga pemain yang mulai memasuki usia puncak performanya terbaiknya di usia 30-an.

Seperti peraih penghargaan Ballon d’Or 2021, Lionel Messi masih tetap cemerlang diusianya yang sudah memasuki 34 tahun.

Halaman selanjutnya
1 2 3 4 5 6 Show All

Penulis: Tim Republik Bobotoh | Editor: Dadi M

Piksi

Berita Terkini