Rangking FIFA Timnas Indonesia Melonjak, Media Vietnam Mulai Bawel

Rangking FIFA Timnas Indonesia Melonjak, Media Vietnam Mulai Bawel Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Timor Leste. (Twitter PSSI)

REPUBLIK BOBOTOH - Timnas Indonesia sukses membukukan dua kemenangan atas Timor Leste dengan skor 4-1 dan 3-0.

Dua kemenangan tersebut dianggap wajar karena Timor Leste punya catatan yang tidak terlalu baik melawan Indonesia.

Dalam peringkat FIFA pun Timor Leste adalah salah satu negara dengan ranking paling rendah yakni 198, namun lebih baik dibandingkan Sri Lanka (204) dan Guam (206).

Kemenangan atas Timor Leste dan beberapa partai di Piala AFF 2020 lalu silam, timnas Indonesia berhak mendapatkan 9,30 poin internasional.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Skuad Garuda mampu mendongkrak peringkat mereka dari yang sebelumnya 164 menjadi 160.

Kenyataan ini teryata membuat tak nyaman media asal Vietnam, Soha yang mulai bawel pada pembahasan peringkat FIFA timnas Indonesia.

Dikutip dari indosport, Soha dalam sebuah artikel tentang timnas Indonesia diberi judul "Mengalahkan lawan paling mudah di Asia tenggara, Indonesia diberi 'hadiah spesial' dari FIFA".

Artikel ini jelas menyinggung soal dua partai anak-anak asuh Shin Tae-yong melawan Timor Leste pada medio Januari lalu.

Kendati demikian Timnas Indonesia masih sangat jauh dari impian untuk bersaing dengan negara-negara kuat ASEAN seperti Vietnam dan Thailand. The Golden Star Warriors saat ini berada di tangga ke-98 diikuti The War Elephants 14 tingkat di bawahnya.

Bahkan Filipina (129), Myanmar (152), dan Malaysia (154) yang di atas kertas tidak lebih kuat dari Evan Dimas cs, saat ini masih lebih baik.

Sepertinya PSSI masih punya PR tentang bagaimana mencari lawan uji coba resmi yang tepat untuk menaikkan peringkat Timnas Indonesia.

Namun dengan peringkat 160 sudah cukup membantu Timnas Indonesia masuk kategori unggulan ketiga jelang pengundian grup kualifikasi Piala Asia 2023.

Setidaknya timnas Indonesia bisa menghindari Afganistan dan Yaman yang juga berada di pot yang sama.**

VIDEO

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Teguh Noer | Editor: Teguh Nurtanto

Piksi

Berita Terkini