Tokyo Verdy, Klub Anyar Pratama Arhan Ternyata Punya 'Ikatan' dengan Persib dan Captain Tsubasa

Tokyo Verdy, Klub Anyar Pratama Arhan Ternyata Punya 'Ikatan' dengan Persib dan Captain Tsubasa Pratama Arhan resmi gabung dengan Tokyo Verdy, klub Jepang yang sempat disegani pada dekade 1980-an hingga 1990-an.

REPUBLIK BOBOTOH - Klub Jepang, Tokyo Verdy mendadak populer di kalangan penggemar sepak bola Indonesia. Itu setelah klub Ibu Kota tersebut, resmi meminang Pratama Arhan.

Bek sayap lincah berusia 21 tahun itu, dikontrak Tokyo Verdy dari PSIS Semarang, hanya tiga hari sebelum pekan perdana kompetisi Divisi 2 Liga Jepang atau J-League 2 musim 2022 dimulai.

Publik sepak bola Indonesia sekarang banyak yang membahas dan mencari informasi seputar Tokyo Verdy.

Sekadar diketahui, Tokyo Verdy sudah berdiri sejak tahun 1969 dengan nama awal Yomiuri FC yang dimiliki salah satu perusahaan media terbesar di Jepang, Yomiuri Shimbun.

Yomiuri FC bermarkas di kota Tokyo, dan sempat merajai kompetisi Japan Super League pada dekade 1980-an dan awal 1990-an.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


BACA JUGA: Aniaya Kucing hingga Videonya Viral, Bek West Ham Kurt Zouma Dikecam

BACA JUGA: Waduh! Kiper Timnas Argentina Posting Foto Selfie Bugil di Instagram, Ternyata Begini Ceritanya

Tercatat empat gelar Japan Super League yang kompetisi kasta tertinggi di Jepang sebelum era J-League, masing-masing pada musim 1983, 1984, 1986-1987, 1990-1991, dan 1991-1992.

Kemudian pada pertengahan 1990-an, Yomiuri FC berubah nama menjadi Verdy Kawasaki dan masih menjadi klub paling diperhitungkan di Jepang.

Dengan mengusung nama Verdy Kawasaki, dua gelar J-League musim 1993 dan 1994. Verdy Kawasaki saat itu, diperkuat oleh sejumlah pemain hebat yang kelak jadi legenda sepak bola Jepang.

Di antaranya Kazoyushi Miura, Ruy Ramos dan Tsuyoshi Kitazawa. Kazu Miura misalnya, dia jadi pemain Jepang pertama yang berkarier Brasil bersama Santos dan Serie A Liga Italia yang kala itu, dianggap sebagai kompetisi sepak bola paling mewah di dunia, bersama Genoa.

Kazu Miura sendiri menjadi sosok yang menginspirasi lahirnya karakter Tsubasa Ozora, tokoh utama dalam film animasi Captain Tsubasa.

Selain berjaya di Jepang, Verdy Yomiuri FC atau Verdy Kawasaki juga cukup diperhitungkan di kompetisi antarklub Asia. Tercatat klub ini pernah sekali menjadi juara Piala/Liga Champions Asia pada tahun 1987.

Di era 1990-an, Verdy Kawasaki jadi langganan bermain di Piala Champions Asia yang kini bernama Liga Champions Asia.

Salah satu lawan yang pernah dihadapi Verdy Kawasaki di Piala Champions Asia adalah Persib Bandung yang dihadapi pada babak perempat final musim 1995-1996 yang digelar di Stadion Siliwangi, Bandung.

Babak perempat final Piala Champions Asia musim 1995-1996 digelar dengan sistem round robin atau dibagi dalam dua grup yakni timur dan barat.

Verdy Kawasaki berada di grup timur bersama tuan rumah Persib, Thai Farmers Bank, dan Ilhwa Chunma.

Persib dan Verdy Kawasaki jumpa pada matchday 1 yang digelar di Stadion Siliwangi, 26 November 1995, dan dimenangkan klub Jepang itu dengan skor tipis 3-2.

Pada tahun 2001, Verdy Kawasaki kembali bermarkas di Tokyo dengan mengubah namanya menjadi Tokyo Verdy 1969 dan mengalami masa sulit saat terdegradasi ke J-League 2 tahun 2005.

Sempat comeback ke J-League 1 pada tahun 2008, Tokyo Verdy kembali terpuruk dan terdegradasi ke J-League 2 hingga sekarang masih berjuang untuk kembali ke kasta tertinggi.**

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Taufik | Editor: M Taufik

Piksi

Berita Terkini