Cerita Pemain Sayap Arema FC, Bersahabat Dengan Banyak Pemain Bandung dan Bersaudara dengan Mantan Persib

Cerita Pemain Sayap Arema FC, Bersahabat Dengan Banyak Pemain Bandung dan Bersaudara dengan Mantan Persib Ryan Kurnia. (Instagram Ryan Kurnia)

REPUBLIK BOBOTOH - Terlepas dari panasnya persiangan di papan atas klasemen sementara Liga 1 2021, ada cerita menarik yang diungkapkan pemain sayap Arema FC, Ryan Kurnia.

Ketika timnya harus bersaing dengan Persib Bandung dalam memperebutkan gelar juara musim ini, Ryan ternyata punya kedekatan dengan banyak pemain Persib saat ini.

Kedekatan Ryan tersebut tak lepas dari ajang PON 2016 silam. Ryan mengaku pernah ikut persiapan PON Jawa Barat selama 6 bulan.

Baca Juga: Jumlah Pengungsi Korban Gempa Pasaman dan Pasaman Barat Capai 15 Ribu Orang

Karena event tersebut, Ryan mengenal para pemain PON Jabar yang kini membela Persib.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Oh ya, PON, Ryan ikut persiapan 6 bulan, jadi anak-anak PON (Jabar) udah hafal. Henhen Herdiana, Febri Hariyadi, Gian Zola, Abdul Aziz, Deden, Alfath, Puja, Erwin, itu semua teman-teman yang ada di Persib," ungkap Ryan kepada Tiento Indonesia.

Perjalanan Ryan di dunia sepak bola Indonesia sendiri lumayan panjang. Mengawali karir dari sepak bola kampung, ia mulai menimba ilmu di SSB Gelora Muda, Kelapa Nunggal dan dilanjutkan ke SSB Cikeas.

Ia kemudian mengikuti Haornas dan Soeratin bersama Kota Bekasi, sebelum akhirnya berkarir di Persikabo di Liga 2 tahun 2015 silam.

"Tahun 2016-2017 masih di Persikabo, terus saya ikut playoff bersama PSGC Ciamis, 2018 saya ditelpon coach Isnan Ali untuk ikut seleksi di Martapura FC dan saya lolos," papar Ryan Kurnia.

Setengah musim bersama Martapura FC, Ryan kemudian ditarik Persita Tangerang dan membawa pendekar Cisadane ke babak semifinal Liga 2 sebelum akhirnya kalah dari Kalteng Putra.

"2019 saya dipertahankan oleh Persita, tapi saya pindah ke Persikabo, saya main di Liga 1 bersama Persikabo, saat itu pelatihnya Rahmad Darmawan," ungkapnya.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Matic 110cc dan 125cc Yamaha, Honda dan Suzuki 2022

Baca Juga: Hirup Udara Bebas, Angelina Sondakh Minta Maaf kepada Masyarakat Indonesia

Ryan sempat dipinjamkan ke Sulut United sebelum akhirnya bergabung ke Arema FC. "Alhamdulillah, rezeki saya di Malang," ucapnya bersyukur.

Cerita menarik lainnya, Ryan Kurna merupakan saudara dari mantan pemain Persib yang juga pernah membela Timnas Indonesia, Aliyudin.

Aliyudin merupakan salah satu orang yang selalu memberikan dukungan kepada Ryan.

"Keluarga, orang tua saya, istri saya. Ada mamang saya juga, pemain bola juga sih, Aliyudin. Jadi kalau mau masuk tim atau keluar saya komunikasi dulu sama A Ali. 'A, kumaha ieu, lanjut atau kumaha?," ungkap Ryan Kurnia tertawa.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini