Akankah Robert Albert 'Parkir' 2 Pemain Asing di Liga Musim Depan Terkait Aturan AFC? Ini Penjelasannya

Akankah Robert Albert 'Parkir' 2 Pemain Asing di Liga Musim Depan Terkait Aturan AFC? Ini Penjelasannya Persib siap tampil di ajang kompetisi tingkat Asia/(MO Persib).

REPUBLIK BOBOTOH - Persib Bandung gagal meraih gelar juara kompetisi sepak bola kasta tertinggi di tanah air, Liga 1 2021-2022.

Namun Persib yang ditangani pelatih Robert Alberts hingga tahun 2024 sudah mengunci satu tiket di turnamen Piala AFC tahun 2023.

Kepastian itu diperoleh setelah Persib mampu mengakhiri kompetisi Liga 1 2021-2022 di peringkat kedua klasemen.

Sementara juara Liga 1 2021-2022 diraih klub berjuluk Laskar Tridatu, Bali United untuk kali keduamya.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Baca Juga: Terbongkar! Pentolan Bobotoh dan Semeton Bulldog Bali Kepincut Taisei Marukawa, Bonek Pasang Harga

Menjadi kontestan Piala AFC tahun 2023, Persib tidak menemui masalah terkait kelayakan sebagai klub profesional sudah diakui AFC.

Namun Robert Alberts bakal dihadapkan pada regulasi baru yang ditetapkan AFC untuk musim 2023-2024, mengenai kuota pemain asing.

Sebelumnya, AFC menetapkan kuota pemain asing adalah 3+1, yakni tiga pemain asing diperkenankan dari negara mana pun dan satu pemain asing harus berasal dari negara peserta AFC atau Asia Raya.

Saat ini, AFC mengeluarkan aturan baru, yaitu format kuota 5+1. Artinya, AFC memperbolehkan lima pemain asing dari negara mana pun dan satu pemain asing asal Asia untuk setiap klub yang ikut AFC Cup dan Liga Champions Asia.

Baca Juga: Medsos Ricky Kambuaya Banjir Rayuan Bobotoh untuk Merapat ke Persib

Dalam laman resmi AFC Cup, the-afc.com, batas jumlah pemain yang didaftarkan pun mengalami perubahan dari sebelumnya 30 menjadi 35 pemain dengan tujuan memperkuat kualitas, daya saing, dan status kompetisi Klub AFC.

Hal tersesut tertuang di laman resmim AFC yang menyebutkan "Komite Eksekutif AFC juga menyetujui rekomendasi untuk meningkatkan kuota pemain asing dalam daftar pemilihan pemain, dari kuota 3+1 yang ada menjadi 5+1 mulai berlaku dari musim 2023-2024. Hal itu untuk memperkuat kualitas, daya saing, dan status kompetisi Klub AFC."

Kebijakan baru AFC tersebut tak sejlan dengan regulasi batas kuota pemain asing di klub peserta liga 1, yaitu format 3+1.

Taruhlah Persib Bandung nekad mendatangkan dua pemain asing demi daya saing di AFC Cup, namun dua pemain asing tambahan itu berpotensi tidak dapat berlaga di Liga 1 musim depan.


Baca Juga: Benarkah Hanya 'Pawang' Lokal yang Mampu Jinakkan Maung Bandung? Begini Faktanya

Saat ini Persib Bandung sudah memiliki Nick Kuipers, David da Silva, dan Bruno Cantanhede sebagai legiun asing luar Asia, serta Mohammed Rashid sebagai pemain asing asal Asia.

Artinya Robert Alberts bisa memarkir dua pemain asing yang hanya jasanya terpakai jika Persib berlaga di Piala AFC.

Sementara Robert Albert sangat antusias membawa Persib berprestasi di ajang Piala AFC.

“Kami masuk ke AFC Cup setelah sekian lama tidak main di sana. Saya sangat apresiasi hasil kami bisa meraih posisi kedua dan AFC Cup. “Saya ingin sekali punya tren selalu main di AFC Cup,” pungkas Robert Alberts dikutip dari laman resmi klub.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Teguh Noer | Editor: Teguh Nurtanto

Piksi

Berita Terkini