Insiden Maut GBLA: Catatan Positif Panpel Lokal Bandung Menurut Komdis PSSI

Insiden Maut GBLA: Catatan Positif Panpel Lokal Bandung Menurut Komdis PSSI Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing. (Adam Husein/Republik Bobotoh)

REPUBLIK BOBOTOH - Meski mendapat sorotan tajam dari banyak pihak pasca insiden maut GBLA yang menewaskan dua orang bobotoh, panpel lokal Bandung tetap mempunyai sederet catatan positif dari Komdis PSSI.

Setidaknya ada 9 poin kelebihan panpel lokal Bandung saat menggelar laga Persib vs Persebaya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat 17 Juni 2022 lalu.

Komdis PSSI menilai, panpel lokal Bandung sudah melakukan koordinasi sebagaimana mestinya sebelum pertandingan Persib vs Persebaya digelar.

Baca Juga : 7 Kekurangan Panpel Lokal Bandung Terkait Insiden Maut GBLA Menurut Komdis PSSI

Panpel juga, kata Komdis PSSI, telah menyiagakan mobil ambulance sebanyak 4 unit yang disiagakan di dalam stadion sebanyak 2 unit dan luar stadion 2 unit.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Komdis PSSI juga memberikan nilai plus pada panpel lokal Bandung yang menyediakan makanan, tempat istirahat berupa tenda dan MCK portable untuk pendukung tim Persebaya.

"Melakukan imbauan-imbauan kepada pendukung tim tuan rumah Persib tentang ticket online," demikian pernyataan Komdis PSSI soal kelebihan panpel lokal Bandung.

Antisipasi membludaknya penonton dengan menyediakan layar lebar di luar stadion turut menjadi perhatian Komdis PSSI. Pada laga melawan Persebaya, ada empat titik layar lebar yang disediakan bagi penonton yang tidak kebagian tiket.

"Mencetak tiket sesuai ketentuan yang disepakati dengan aparat keamanan yaitu 15.066 tiket dari -/+ 38.000 kapasitas stadion," imbuh Komdis PSSI.

Panpel lokal Bandung juga taat dengan regulasi pemberian kuota tiket untuk suporter tim tamu. "Menyediakan tempat menonton untuk pendukung tim tamu Persebaya sebanyak 1.500 kuota," tutur Komdis PSSI.

Bahkan menurut hasil investigasi Komdis PSSI saat terjadinya chaos di pintu V GBLA, panpel lokal Bandung melakukan langkah antisipasi yang cepat terhadap korban.

Baca Juga : Marc Klok: Hatur Nuhun Atas Kepercayaannya Persib

"Antisipasi yang cepat terhadap adanya korban dari pendukung tim tuan rumah Persib akibat berdesakan di pintu V dengan melakukan pertolongan pertama dengan ambulance dan di back up ambulance DOKPOL yang disiagakan di luar stadion," penjelasan Komdis PSSI.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini