Luis Milla dan Sejarah yang Belum Usai

Luis Milla dan Sejarah yang Belum Usai

REPUBLIK BOBOTOH - Hastag #renout yang sempat digaungkan oleh bobotoh kini telah berganti menjadi Wilujeng Sumping Luis Milla. Sebelumnya kami ucapkan banyak Hatur Nuhun untuk Abah Obet yang selama kurang lebih tiga tahun telah memberikan warna bagi Persib bandung, terlepas dari berbagai kekurangannya, Abah Obet telah mencatatkan Namanya sebagai pelatih asing yang mengantarkan Persib sebagai runner-up liga 1 tahun 2021.

Sejarah mencatat, bahwa ketika Persib menjadi juara liga 1 pada tahun 1994 dan 2014 diasuh oleh pelatih lokal berdarah Sunda (Abah Indra Thohir dan Pak DJajang Nurdjaman). Sementara ada banyak pelatih asing yang mengasuh Maung Bandung, namun belum pernah memberikan gelar Juara Liga 1 bagi Maung bandung.

Dalam sepak bola, selama bola itu masih bundar maka sejarah tidak berulang. Sejarah bahwa pelatih asing tidak dapat membawa Maung bandung menjadi Juara liga 1 hanyalah sejarah yang belum usai. Ingat, jangan percaya mitos, karena mitos pada hakikatnya bukan sebuah kebenaran sejati.

Baca Juga : Media Ternama Spanyol Kabarkan Bergabungnya Luis Milla ke Persib

Luis Milla lebih dulu dikenal sebagai pelatih Tim Nasional Sepak Bola Indonesia tahun 2017-2018. Di bawah tangan dinginnya, Timnas masa itu menghadirkan permainan yang apik, sepak bola yang indah untuk dilihat.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


Banyak yang menyangkan ketika akhirnya Luis Milla berhenti mengasuh Timnas pada Oktober 2018. Hal itu menjadi wajar, karena selama hampir dua tahun ia memberikan progres yang positif pada Timnas, meskipun Milla belum sempat mempersembahkan trofi juara 1.

Kini Luis Milla hadir di Kota Bandung bukan sebagai seorang turis, melainkan sebagai sosok yang diharapkan oleh jutaan bobotoh untuk mencatatkan Namanya dalam sejarah sebagai pelatih asing Persib Bandung pertama yang memberikan gelar Juara liga 1.

Saya sangat yakin, sebagai seorang yang pernah terlibat dalam sepak bola Indonesia, Milla mengetahui persis bahwa Persib Bandung merupakan tim yang besar dan dihuni oleh pemain-pemain berkualitas. Maka ketika menerima pinangan sebagai pelatih Persib, Milla sudah memperhitungkan secara cermat dengan mempertimbangkan pemain yang ada saat ini dapat mengantarkan Persib pada prestasi Terbaik. Kami berharap prestasi itu adalah Juara liga 1.

Baca Juga : Nick Kuipers Rindu Bobotoh, Ingin Stadion GBLA Kembali Penuh

Rasanya luis Milla juga akan cepat beradaptasi dengan dukungan sekaligus tekanan dari para bobotoh yang begitu cinta pada Persib. Milla bukan pelatih kaleng-kaleng, pernah melatih klub di liga spanyol juga pernah melatih timnas Spanyol yang tentunya atmosfir dukungan dan tekanan pendukung di sana hampir sama kuat dengan di Indonesia.

Mudah-mudahan ada pembisik yang memberitahu Luis Milla bahwa Persib bukan sekedar klub sepak bola biasa, tapi lebih dari itu sebagai Culture Masyarakat Jawa Barat. Ketika sebuah klub sepak bola sudah menjadi culture di dalam kehidupan bermasyarakat, maka club tersebut sudah menjadi idenditas bagi masyarakat tersebut (ditulisan berikutnya saya coba bahas mengapa Persib layak disebut sebagai culture masyarakat Jawa Barat).

Kini sejuta harapan bobotoh Jawa Barat ada dipundak Luis Milla, bukan bermaksud memberikan beban yang lebih bagi Luis Milla, namun saya yakin ia mengerti akan harapan tersebut.

Yuk mari bobotoh Santun kita berikan dukungan positif bagi Luis Milla, biarkan ia “bereksperimen” dengan strateginya dan pada akhirnya kita semua sama-sama berdoa Milla akan menuntaskan sejarah yang belum usai. Sebaik dan sebagus apapun pelatih, ia tetap membutuhkan proses. Tapi bagi pelatih yang hebat, proses itu tidak akan memakan waktu lama. Persib Juara! Wallahu’alam.**

Penulis: Anta Maulana Nasution (IG: @antanasution), bobotoh yang sehari-hari bekerja sebagai Peneliti lautan biru.

ATTENTION: Bagi bobotoh yang suka menulis bisa mengirimkan tulisan ke email republikbobotoh@gmail.com, tulisan akan dimuat di kolom GOROWOK BOBOTOH.

CATATAN: Rubrik GOROWOK BOBOTOH memuat tulisan artikel opini dari pembaca, Redaksi REPUBLIKBOBOTOH.COM tidak bertanggungjawab atas isi tulisan yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.

Kritik dan saran kirim ke republikbobotoh@gmail.com.

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Piksi

Berita Terkini