Jersey Seharga Rp142 Miliar Hingga Catatan Tertulis Pertama Aturan Sepak Bola Akan Dipamerkan di Piala Dunia 2022

Jersey Seharga Rp142 Miliar Hingga Catatan Tertulis Pertama Aturan Sepak Bola Akan Dipamerkan di Piala Dunia 2022 Logo Piala Dunia 2022 Qatar. (FIFA.com)

REPUBLIK BOBOTOH - Selain menyuguhkan 'atraksi' sepak bola kelas dunia, Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akan menyuguhkan beberapa benda bersejarah di dunia sepak bola.

Salah satunya adalah jersey 'Tangan Tuhan' yang digunakan Diego Maradona saat mencetak gol ke gawang Inggris tahun 1986 silam.

Jersey tersebut akan dipajang selama gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar bersama benda bersejarah lainnya.

Baca Juga : Polisi Jawab Kabar Tangkap Aremania yang Unggah Video Suporter Terjebak dengan Pintu Terkunci

"Jersey telah melalui perjalanan yang cukup panjang," ujar Kepala Museum Qatar Sheikha Al Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al Thani dikutip dari Antara.


Yuk gabung channel whatsapp REPUBLIKBOBOTOH.COM untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Persib, Bobotoh, Liga 1, dan ragam berita menarik lainnya seputar Bandung Raya. Klik di sini (JOIN)


"Dimulai dengan momen ketika gelandang Nottingham Forest Steve Hodge bertukar kaus dengan Maradona setlah pertandingan, yang sekarang tamapaknya menjadi langkah menginspirasi," imbuhnya.

Selain jersey 'Tangan Tuhan', beberapa benda berejarah lain yang akan dipertontonkan di pameran 'World of Football' adalah bola pertama Piala Dunia 1930, catatan tertulis pertama tentang aturan sepak bola, satu dari dua patung perunggu yang pernah dibuat dari ikon sepak bola Brasil, Pela - kaki kanan Pele, serta kaos lain yang digunakan para pesepak bola.

"Banyak barang yang dipajang di 3-2-1 Qatar Olympic and Sprot Museum seperti ini: simbol gairah manusia yang memiliki barasi panjang dan mengharukan di belakangnnya," tutur Sheikha Mayassa.

"Benda-benda ini sekarang telah mengambil kehidupan mereka endiri ebagai bagian dari budaya dunia -mengisipirasi emosi, membangkitkan kenangan dan memicu dialog," tuturnya.

Pemilik Jersey 'Tangan Tuhan' Dirahasiakan

Dipajangnya jersey Diego Maradona tersebut hanya berselang lima bulan setelah jersey tersebut memecahkan harga di lelang.

Menurut laporan Antara, jersey tersebut terjual seharga 9,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp142.3 miliar.

Namun sampai saat ini, nama dari pembeli jersey 'Tangan Tuhan' tersebut masih dirahasiakan.

Baca Juga : Daftar Sanksi Komdis PSSI untuk Arema Terkait Tragedi di Kanjuruhan

Terkait harga lelang jersey, kaos yang digunakan legenda basket Michael Jordan masih lebih mahal ketimbang jersey Diedo Maradona.

Jersey Michael Jordan terjual dengan harga Rp154,5 miliar pada 16 September lalu.

Jersey tersebut mengambil alih rekor sebagai memorabilia olahraga paling mahal dan baju olahraga paling mahal.**

TONTON VIDEONYA DI YOUTUBE RBCOM TV

Follow Berita Republik Bobotoh di Google News

Penulis: Helmi MP | Editor: Helmi M Permana

Piksi

Berita Terkini